Find Us On Social Media :

Begini Cara Menjawab Email dengan Mudah dan Cepat Menggunakan ChatGPT

By Wisnu Nugroho, Jumat, 6 Januari 2023 | 09:33 WIB

Cari ChatGPT Writer di Chrome Web Store

Bagi sebagian orang, menjawab email bisa jadi sebuah beban tersendiri. Kita harus mengetikkan kalimat demi kalimat sembari memastikan pemilihan kata yang tepat agar isi email dapat dimengerti penerima. Ditambah jumlah email yang membombardir kita setiap hari, pekerjaan seputar email memang menjadi tantangan tersendiri.

Nah, masalah menjawab email ini ternyata juga bisa diatasi oleh ChatGPT. Ya, chatbot fenomenal ini ternyata juga bisa digunakan untuk menjawab email. Kita cukup ketik gambaran besar jawaban, setelah itu ChatGPT bisa langsung menyusun kalimat demi kalimat sesuai gambaran besar tersebut. Kerennya lagi, ChatGPT juga memiliki kemampuan memahami isi email yang kita terima, sehingga jawabannya relatif relevan dan “masuk akal”.

Untuk memanfaatkan fitur ini, caranya sangat mudah. Kita cuma perlu memasang extension Chrome bernama ChatGPTWriter. Namun perlu dicatat, fitur ini baru tersedia untuk Gmail. Menurut developer ChatGPTWriter, mereka dalam proses mengembangkan fitur ini untuk Outlook dan Linkedin.

Jika Anda mau memanfaatkan ChatGPT untuk membalas email, berikut caranya.

Cara Menjawab Email dengan ChatGPT

1. Download ChatGPTWriter di Google Chrome Store (link di sini)

2. Aktifkan extension dengan login di chat.openai.com

3. Jika sudah aktif, akan muncul tombol ChatGPT di bagian bawah email composer 

Jika sudah aktif, akan muncul tombol ChatGPT di bagian panel email composer

4. Klik tombol tersebut jika ingin membalas atau mengirim email. 

5. Untuk membalas email, ketikkan konsep besar jawaban email Anda, lalu klik Generate Reply. Nanti ChatGPT akan menyusun draft balasan email sesuai konsep besar tersebut

Ketik konsep besar jawaban Anda, dan ChatGPT akan mengembangkan jawaban Anda ke kalimat yang layak untuk email

6. Jika kalimat yang disusun ChatGPT sudah memuaskan, klik Insert Generated Reply. Jika belum, klik lagi Generate Reply untuk mendapatkan draft berbeda