Find Us On Social Media :

Yuk! Mulai Kebiasaan Digital Sehat Awal Tahun 2023 Ala Kaspersky

By Adam Rizal, Jumat, 6 Januari 2023 | 15:30 WIB

Ilustrasi penggunaan password pada cyber security.

Awal Januari adalah waktu yang tepat untuk mulai menerapkan kebiasaan digital yang sehat dan Anda masih punya waktu untuk berkomitmen pada diri sendiri dan mencoba mengikutinya selama setahun depan.

Pakar Kaspersky telah menyiapkan daftar kebiasaan digital sehat sederhana yang dapat memperkuat keamanan data pribadi Anda bahkan membuat hidup lebih nyaman di tahun mendatang.

1. Tahun Baru, kata sandi baru!

Mulailah Tahun Baru dengan merevisi kata sandi yang tepat. Sekarang saatnya untuk memeriksa dan mengubah kata sandi di semua akun. Dan ingat aturan utamanya – jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun!

Jika Anda seperti banyak orang dan memiliki beberapa akun online, solusi pengelola kata sandi yang andal akan sangat membantu. Pengelola kata sandi modern memiliki fitur yang sangat menyederhanakan hidup dengan kata sandi.

Misalnya, Anda dapat menggunakan fitur isi otomatis untuk berbagai browser dan platform. Opsi praktis lainnya adalah pembuat kata sandi otomatis.

Hasilnya, pengelola kata sandi akan membantu Anda menghasilkan kata sandi yang unik dan rumit untuk setiap akun - dan Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama.

2. Berlangganan notifikasi tentang kebocoran data akun

Selain kebocoran data kata sandi yang lemah, ada ancaman lain bagi akun pribadi dan perusahaan. Sayangnya, pelanggaran data cukup sering terjadi, dan sulit untuk melacak semuanya.

Jika detail akun Anda bocor, penyerang dapat menggunakannya untuk mengambil alih akun.

Namun di tahun baru ini, Anda dapat mengatasinya dengan berlangganan layanan yang memiliki kemampuan untuk memindai kebocoran data terkini dan apakah pelanggaran tersebut berisi data pribadi Anda.

Pengelola kata sandi tingkat lanjut juga menyertakan fitur ini dan dengan cepat memberi tahu pengguna jika ada login atau kata sandi ditemukan dalam kebocoran data terbaru.

3. Butuh lebih banyak privasi, dapatkan VPN!