Find Us On Social Media :

MediaTek Umumkan Genio 700 yang Makin Lengkapi Tawarannya untuk AIoT

By Cakrawala, Minggu, 8 Januari 2023 | 20:15 WIB

MediaTek mengumumkan cip terbarunya untuk Genio yang merupakan platform untuk perangkat AIoT (artificial intelligence of things). Adapun cip terbaru yang diumumkan adalah MediaTek Genio 700 yang makin melengkapi lini MediaTek Genio tersebut.

MediaTek beberapa hari lalu mengumumkan cip terbarunya untuk Genio di dunia. Seperti yang disampaikan di sini, Genio adalah platform baru untuk perangkat AIoT (artificial intelligence of things) — IoT (internet of things) + AI (artificial intelligence) — dari MediaTek. Adapun cip terbaru yang diumumkan MediaTek untuk platform tersebut adalah Genio 700. Menilik namanya, MediaTek Genio 700 ini sewajarnya ditujukan untuk perangkat AIoT dengan kelas di bawah MediaTek Genio 1200 yang menjadi flagship. MediaTek menambahkan bahwa Genio 700 didemokan pada CES 2023 yang sedang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

MediaTek Genio 1200 diluncurkan kala MediaTek Genio diperkenalkan secara resmi tahun lalu. Selain MediaTek Genio 1200 juga terdapat cip-cip lain, yakni MediaTek Genio 500, MediaTek Genio 350, dan MediaTek Genio 130. MediaTek Genio 700 makin melengkapi lini MediaTek Genio alias makin melengkapi tawaran MediaTek untuk AIoT. Nantinya, MediaTek Genio 700 akan membuat MediaTek makin bisa memenuhi kebutuhan maupun keinginan para produsen perangkat IoT dalam menghadirkan aneka produk untuk berbagai kelas dan peruntukan. MediaTek menyebutkan Genio 700 ditujukan untuk IIoT (industrial internet of things), smart home, dan smart retail.

“Saat kami merilis serangkaian produk IoT Genio pada tahun lalu, kami mendesain platform dengan memperhitungkan skalabilitas dan dukungan pengembangan yang dibutuhkan para merek (produsen IoT), sehingga membuka jalan bagi peluang untuk berkembang terus-menerus,” kata  Richard Lu (Vice President of MediaTek IoT Business Unit). “Dengan fokus pada produk-produk industri dan smart home, Genio 700 adalah tambahan sempurna untuk rangkaian produk, serta memastikan kami bisa menyediakan jangkauan dukungan seluas mungkin kepada pelanggan kami,” tambahnya.

MediaTek Genio 700 disebutkan akan hadir dengan dengan CPU yang mengandung dual core Arm Cortex-A78 dengan frekuensi kerja alias clock sampai 2,2 GHz serta hexa core Arm Cortex-A55 dengan frekuensi kerja sampai 2 GHz. Sementara, GPU-nya berupa Arm Mali-G57 MC3. Adapun frekuensi kerja dari GPU-nya, MediaTek tidak menyatakan frekuensi kerja dari Arm Mali-G57 MC3 tersebut. Tentunya terdapat juga berbagai fasilitas lain pada cip terbaru MediaTek Genio ini.

Secara spesifik MediaTek menyoroti sejumlah hal. Beberapa hal lain yang disorot MediaTek dari Genio 700 adalah dukungan PCI Express 2.0, USB 3.2 Gen1, dan MIPI-CSI (Mobile Industry Processor Interface-Camera Serial Interface); dukungan displai ganda (4K60 + FHD60) dan aneka video codec; dukungan untuk industrial dan suhu operasi yang lebar dengan umur yang panjang — sampai 10 tahun; sertifikasi ARM SystemReady; serta sertifikasi ARM PSA.

Menggunakan technology node kelas 6 nm, MediaTek Genio 700 akan tersedia secara komersial mulai kuartal kedua tahun ini.