Find Us On Social Media :

Tak Perlu Bantuan Smartphone, Kini Google Maps Hadir di Smartwatch

By Adam Rizal, Senin, 9 Januari 2023 | 15:30 WIB

Ilustrasi Wear OS

Google resmi mengumumkan bahwa layanan Google Maps kini sudah terintegrasi dengan Smartwatch melalui OS Wear.

Pengguna dapat mengakses navigasi di aplikasi Google Maps secara langsung tanpa perlu terhubung ke smartphone.

Hal itu banyak memberikan manfaat kepada pengguna, jika HP Anda hilang, Anda masih bisa menggunakan navigasi melalui smartwatch. Berikut cara mengaktifkannya seperti dikutip GSM Arena :

- Buka Maps dari smartwatch.

- Gunakan alat suara atau keyboard untuk memasukkan tujuan. Pengguna juga dapat mengetuk peta untuk melihat lokasi.

- Pilih moda transportasi yang digunakan. Dari sini, silahkan melihat estimated time of arrival (ETA).

- Mulailah perjalanan.

WearOS

Pabrikan semikonduktor Qualcomm terus meningkatkan platform prosesornya. Kini Qualcomm meluncurkan prosesor smartwatch terbarunya Wear OS yang dulunya bernama Android Wear.

Pankaj Kedia (Senior Director of Wearables, Qualcomm) mengatakan Wear OS dapat memberikan pengalaman penggunaan smartwatch yang sempurna dan memungkinkan vendor smartwatch membuat jam tangan pintar yang ringkas dengan daya baterai yang awet.

"Wear OS akan meningkatkan kualitas tampilan dan pengalaman penggunaan dari smartwatch, tidak peduli apakah Anda sedang mengunakannya atau tidak," katanya seperti dikutip CNET.

Qualcomm terakhir kali meluncurkan prosesor smartwatch yaitu Snapdragon 2100 tetapi chip prosesor itu tidak mendukung fitur Wear OS terbaru. "Kami fokus bisa memperbaiki pengalaman penggunaan dengan signifikan. Kini Google Assistant dapat bekerja langsung dari smartwatch itu sendiri," ucapnya