Find Us On Social Media :

Lepas Ketergantungan, Apple Bakal Kembangkan Chip Bluetooth Mandiri

By Adam Rizal, Rabu, 11 Januari 2023 | 10:30 WIB

A16 Bionic

Apple akan mengembangkan chip Bluetooth dan Wi-Fi sendiri pada 2025 untuk mengurangi ketergantungan dari pemasok luar perusahaan seperti Broadcom Inc dan Qualcomm. Apple dan Broadcom Inc sendiri belum memberikan tanggapan atas isu tersebut.

Tak hanya itu, Apple juga akan menggunakan chip modem seluler buatan sendiri pada akhir 2024 atau awal 2025 sekaligus menggantikan chip dari Qualcomm Inc yang selama ini dipakai Apple.

Saat ini Apple masih menggunakan modem X65 dari Qualcomm untuk lini iPhone 14. Analis dari Jefferies, William Yang memprediksi iPhone 15 juga akan mengsung chip terbaru dari Qualcomm.

Beberapa tahun terakhir, Apple mulai mengembangkan chip sendiri seperti komputer Mac sudah menggunakan chip mandiri dari Apple, menggantikan chip dari Intel Corp.

Rajai Pasar Smartphone

iPhone 13

Apple sukses merajai pasar smartphone global pada kuartal III-2022 dengan menguasai 42 persen dari total pendapatan pasar (market revenue) smartphone global di Q3-2022.

Perusahaan riste Counterpoint Research melaporkan pendapatan Apple naik 10 persen secara year over year (YoY).

Salah satu kunci sukses Apple tahun lalu adalah penjualan iPhone 14 series yang laris di pasar dan Apple ikut ambil bagian meningkatkan penjualan smartphone 5G di pasar.

Senior Analyst Counterpoint Research, Singh Walia mengatakan smartphone 5G menyumbang lebih dari 80 juta miliar dollar AS atau sekitar Rp1.246 triliun sekaligus menjadi rekor pendapatan ponsel 5G saat ini.

Sebagai perbandingan, kontribusi pendapatan dari ponsel 5G hanya 69 persen saja pada 2021. "Hebatnya separuh penjualan smartphone 5G di dunia didominasi oleh Apple. Saat ini hampir semua iPhone sudah 5G," ujarnya.

Hal itu berarti iPhone 12 series hingga iPhone 14 series kemungkinan menjadi lini yang paling laris, mengingat model-model itu yang sudah mendukung 5G. Sebaliknya, Counterpoint Research melaporkan penjualan smartphone 4G anjlok 10 persen menjadi 19 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 2.965 triliun.