Find Us On Social Media :

Intel Luncurkan Xeon Scalable Generasi ke-4 serta CPU dan GPU Max Series

By Cakrawala, Selasa, 24 Januari 2023 | 17:00 WIB

Intel mengumumkan peluncuran Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 serta Intel CPU dan GPU Max Series yang ditujukan untuk pusat data. Terlihat Sandra Rivera (Executive Vice President dan General Manager Data Center and AI Group, Intel) menunjukkan Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids di Santa Clara, Amerika Serikat belum lama ini.

Intel beberapa waktu yang lalu mengumumkan peluncuran lini prosesor terbarunya untuk server dus pusat data alias data center, yakni Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids, di dunia. Selain itu, Intel juga mengumumkan Intel Xeon CPU Max Series dengan codename Intel Sapphire Rapids HBM serta Intel Data Center GPU Max Series ber-codename Intel Ponte Vecchio yang ditujukan pula untuk segmen serupa. Dengan ketiga lini prosesor dan "kartu grafis" yang diungkapkan tersebut, Intel mengeklaim bisa memberikan lompatan peningkatan terhadap kinerja, efisiensi, dan keamanan pusat data plus menghadirkan aneka kapabilitas baru untuk AI (artificial intelligence), cloud, jaringan, edge, serta superkomputer.

“Peluncuran aneka prosesor Xeon Scalable Generasi ke-4 dan keluarga produk Max Series adalah momen penting dalam mendorong perubahan haluan Intel, sehingga menghidupkan kembali jalan kami menuju kepemimpinan di pusat data dan mengembangkan keahlian kami di arena-arena baru,” kata Sandra Rivera (Executive Vice President dan General Manager Data Center and AI Group, Intel). “Intel Xeon Generasi ke-4 dan keluarga produk Max Series menghadirkan sesuatu yang benar-benar diinginkan para pelanggan — kinerja dan keandalan terdepan dalam lingkungan yang aman untuk kebutuhan-kebutuhan nyata mereka — mempercepat penciptaan nilai dan mendorong laju inovasi mereka,” tambahnya.

Intel Xeon Scalable Generasi ke-4

Sesuai yang disampaikan di sini, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids, seperti Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder yang ditujukan untuk desktop, mengandung core dengan arsitektur Intel Golden Cove. Namun, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 menggunakan hanya Intel Golden Cove dan tidak memanfaatkan Intel Gracemont. Dengan kata lain Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 menggunakan hanya core untuk kinerja alias P-core. Berhubung ditujukan untuk pusat data, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 mengandung lebih banyak core dan memiliki sejumlah peningkatan lain yang membuatnya optimal untuk peruntukannya itu. Lebih lengkapnya mengenai Intel Golden Cove bisa dilihat di sini.

Salah satu dari peningkatan yang dimaksud adalah tambahan aneka akselerator atau mesin akeselerasi (acceleration engine) seperti Intel AVX-512 (Advanced Vector Extensions 512), Intel DSA (Data Streaming Accelerator), dan Intel AMX (Advanced Matrix Extensions) pada Intel Xeon Scalable Generasi ke-4. Begitu pula dengan cache L2 — dalam hal ini cache L2 P-core — yang lebih besar pada Intel Xeon Scalable Generasi ke-4; 2 MB per core dan bukannya 1,25 MB. Sementara, untuk jumlah core — dalam hal ini jumlah P-core — yang lebih banyak, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4, setidaknya menurut SKU (stock keeping unit) yang diungkapkan, memiliki jumlah core mulai dari delapan. Adapun Intel Core Generasi ke-12 memiliki jumlah core hanya sampai delapan.

Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids.

Dibandingkan Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake yang adalah generasi sebelumnya, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids sewajarnya menawarkan IPC (instruction per cycle) yang lebih tinggi. Intel dulu menyebutkan peningkatan IPC yang ditawarkan Intel Golden Cove terhadap Intel Cypress Cove, secara rata-rata adalah sebesar 19%. Dari sisi CPU, Intel Cypress Cove merupakan Intel Sunny Cove yang di-backporting ke technology node kelas 14 nm. Intel Sunny Cove sendiri merupakan arsitektur yang dipakai Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake untuk core-nya. Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake sendiri menggunakan technology node kelas 10 nm. Adapun Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Sapphire Rapids memakai technology node Intel 7 — 10 nm Enhanced SuperFin.

Menilik peningkatan IPC Intel Golden Cove terhadap Intel Cypress Cove, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids sewajarnya menawarkan peningkatan IPC belasan persen bila dibandingkan dengan Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake. Intel pun mengatakan, untuk komputasi keperluan umum alias general purpose compute, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 secara rata-rata menawarkan peningkatan kinerja sebesar 53% dari Intel Xeon Scalable Generasi ke-3. Namun, peningkatan kinerja ini tidak hanya karena IPC melainkan juga hal-hal lain seperti jumlah core yang lebih banyak. Pasalnya, Intel membandingkan Intel Xeon Platinum 8490H dengan Intel Xeon Platinum 8380 — keduanya adalah flagship untuk masing-masing lini. Intel Xeon Platinum 8490H memiliki jumlah core sebanyak enam puluh, sedangkan Intel Xeon Platinum 8380 memiliki jumlah core sebanyak empat puluh.

Selain sehubungan core, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids juga menawarkan aneka peningkatan lain dibandingkan Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake. Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 misalnya mendukung memori utama DDR5 sampai DDR5-4800 dan bukannya DDR4 sampai DDR4-3200, Intel UPI (Ultra Path Interconnect) yang berkecepatan 16 GT/s dan bukannya 11,2 GT/s, serta PCI-Express 5.0 dan bukannya PCI-Express 4.0. Sekadar menegaskan pula, aneka akselerator pada Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 seperti Intel DSA dan Intel AMX yang telah disebutkan, tidak tersedia pada Intel Xeon Scalable Generasi ke-3. Namun, Intel AVX-512 tersedia. Adapun akselerator baru lain pada Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 setidaknya adalah Intel QAT (QuickAssist Technology), Intel DLB (Dynamic Load Balancer), dan Intel IAA (In-Memory Analytics Accelerator).

Intel mengeklaim Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dan Intel Xeon CPU Max Series menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Intel mengeklaim akselerator-akselerator baru pada Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 bisa mengakselerasi berbagai beban kerja alias workload yang digunakan aneka konsumennya. Intel DSA contohnya bisa mendorong kinerja tinggi terhadap media simpan alias storage, jaringan, dan aneka beban kerja yang data-intensive dengan meningkatkan pergerakan data streaming dan transformasinya; Intel QAT bisa mengambil alih operasi enkripsi, dekripsi, dan kompresi sehingga membebaskan core untuk mengerjakan pekerjaan lain; serta Intel IAA bisa mengakselerasi beban kerja basis data dan analytics dengan meningkatkan throughput dari kueri dan mengurangi footprint dari memori. Sejalan dengan itu, akselerator-akselerator baru yang dimaksud diklaim membuat Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 secara rata-rata menawarkan peningkatan kinerja per watt sebesar 190% dibandingkan generasi sebelumnya pada beban-beban kerja tertentu.

Intel memang menyebutkan Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 bersama Intel CPU dan GPU Max Series ditujukan untuk memberikan kinerja terdepan dalam purpose-built workload-first approach. Intel mengatakan Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 memungkinkan konsumen menggunakannya untuk beban kerja spesifik dan mendapatkan kinerja yang tepat pada konsumsi daya yang tepat sehingga bisa memperoleh TCO (total cost of ownership) yang optimal. Intel pun menegaskan bahwa Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 bisa memberikan kinerja yang terdepan untuk berbagai beban kerja nyata alias real world. Intel menambahkan, kadang kala, kinerja pada beban kerja nyata tersebut tidak tercermin dari sejumlah aplikasi yang biasa digunakan untuk pengujian maupun benchmark.