Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce/marketplace yang banyak digunakan masyarakat saat ini.
Bagi yang ingin memulai usaha rumahan dengan modal kecil, seperti UMKM, tentunya bisa mulai dengan berjualan di platform ini.
Maisyalina Agustiana selaku Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, membagikan tips bisnis bagi masyarakat yang ingin memulai usaha rumahan di tahun 2023.
1. Pastikan ada peminat, cari tahu produk terlaris di Tokopedia
Gunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di Tokopedia dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.
“Pelajari juga tren produk terlaris. Di Tokopedia sendiri, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022,” jelas Maisyalina.
2. Pelajari profil calon pembeli
Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut.
Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran.
“Fitur Wawasan Pembeli di aplikasi Tokopedia Seller membantu penjual untuk mengetahui profil pembeli, seperti umur, jenis kelamin dan lokasi sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi berjualan,” jelas Maisyalina.
3. Buat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi
Sinergi pemanfaatan media sosial yang tepat dapat membantu meningkatkan awareness toko dan produk di e-commerce.
Misalnya, buat konten media sosial yang unik dan bisa menjadi ciri khas penjual. Perhatikan tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat di media sosial.