Find Us On Social Media :

Penggunaan Pay Later Tumbuh 10 kali Lipat di Indonesia Tahun Lalu

By Adam Rizal, Jumat, 13 Januari 2023 | 15:00 WIB

Ilustrasi Pembayaran Digital Xendit.

Perusahaan payment gateway dan teknologi keuangan Xendit Group merilis rangkuman tren pembayaran digital di Indonesia tahun 2022. Hasilnya, terjadi peningkatan volume pembayaran termasuk pada fasilitas pay later yang tumbuh 10 kali lipat.

“Kami melihat bahwa selama beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan volume pada pembayaran digital," kata Co-Founder dan COO Xendit Group Tessa Wijaya dalam siaran persnya.

Sepanjang 2022, Xendit Group telah memproses lebih dari 200 juta transaksi pembayaran digital di Indonesia dengan nilai total volume transaksi mencapai lebih dari Rp300 triliun, naik 30 persen dibandingkan tahun lalu.

Adapun jumlah merchants aktif yang dilayani Xendit Group saat ini mencapai 3.500 pelaku usaha yang terdiri dari Usaha Kecil dan Menengah (70 persen) dan perusahaan (30 persen).

Rangkuman "Tren Pembayaran Digital Indonesia 2022" yang dirilis Xendit Group menunjukkan bahwa fasilitas pay later semakin diminati sebab mengalami pertumbuhan 10 kali lipat dari tahun sebelumnya. Selain pay later, fasilitas lain juga turut mengalami peningkatan, yaitu kartu kredit (6 kali lipat) dan e-wallet (5 kali lipat).

Kemudian, temuan lain menunjukkan bahwa dari seluruh transaksi yang diproses Xendit Group, 36 persen di antaranya adalah transfer virtual account, menjadikannya sebagai metode pembayaran paling populer, diikuti e-wallet dan kartu kredit.

Xendit Group juga mencatat penggunaan QRIS terus meningkat, ada lebih dari 20 juta transaksi dengan volume sekitar Rp2 triliun, meningkat 17,25 persen dari tahun sebelumnya.

Xendit Group juga mencatat bahwa sektor pariwisata mengalami pertumbuhan 181,4 persen, hiburan seperti gaming, tiket pertunjukan, dan tempat wisata tumbuh 132,5 persen, dan restoran tumbuh 68,4 persen.

Sementara itu, sektor yang mencatatkan transaksi paling banyak adalah jasa (96 juta transaksi), layanan finansial (61,3 juta), dan produk digital seperti e-book dan voucher game (56 juta).

Melihat tingginya peningkatan volume pada pembayaran digital, Tessa mengatakan pihaknya berharap ke depannya akan semakin banyak pelaku bisnis yang memanfaatkannya agar perekonomian Indonesia bisa bangkit kembali.

"Xendit Group akan terus berinovasi dan berupaya mendukung pemerintah untuk mewujudkan literasi keuangan digital masyarakat, melalui berbagai kegiatan guna mendukung transformasi digital yang mulus dan lancar bagi merchant dan pelanggan kami,” imbuhnya.

Pada November 2022, Xendit Group meluncurkan Aplikasi Nex yang dikembangkan oleh PT Nex Teknologi Digital (NTD) yang bekerja sama dengan PT BPR Xen.