Find Us On Social Media :

Startup TipTip Gelar Kompetisi Komik, Hadiah Totalnya Rp35 Juta

By Rafki Fachrizal, Jumat, 13 Januari 2023 | 18:45 WIB

Startup TipTip bekerja sama dengan Komunitas Komik Indonesia (Komikin) untuk menggelar kompetisi komik digital yang bertajuk “Komikin di TipTip”.

Kompetisi ini berlangsung dari 6 Januari hingga 6 Februari 2023 dengan hadiah total senilai Rp35 juta.

Kompetisi ini diadakan dengan tujuan tidak hanya untuk memberikan wadah bagi para komikus di Indonesia memamerkan karyanya secara digital serta menuangkan ide-ide kreatif mereka di bidang komik, tetapi juga membantu mereka untuk lebih mudah me-monetisasi hasil karyanya.

Paulina Purnomowati, Chief Marketing Officer TipTip, menyatakan, “Kami berharap kompetisi ini menjadi kesempatan agar para kreator komik di Indonesia makin semangat untuk selalu berkarya.”

“TipTip pun tidak hanya menjadi media untuk berkompetisi tetapi juga menjadi tempat untuk mempublikasikan-nya serta menjual karyanya. Hal ini sejalan dengan visi misi kami yang berkomitmen untuk membangun creator economy ecosystem di Indonesia,” katanya lagi.

Sementara itu, Aruga Perbawa, Ketua Umum Komikin, mengungkapkan “Kami melihat ini sebagai kesempatan memajukan komunitas dan ekosistem komik secara digital. Kami senang sekali dapat bekerja sama dengan TipTip dan mewujudkan kompetisi komik ini. Saya berharap melalui kompetisi ini semua yang terkorelasi dengan komik dapat berpartisipasi, tidak hanya mensukseskan kompetisi ini tapi juga mendorong memajukan industri komik agar menjadi lebih semarak lagi.”

Kompetisi “Komikin di TipTip” yang diselenggarakan di Platform Tiptip ini menawarkan hadiah kompetisi dengan nilai total Rp35 juta.

Juara 1 akan mendapatkan Rp20 juta, Juara 2 akan mendapatkan Rp10 juta, dan Juara 3 akan mendapatkan Rp5 juta.

Para juri dari kompetisi ini adalah para komikus berpengalaman, yaitu Mice Cartoon, kartunis ternama Indonesia; Sheila Roswitha Putri, seorang komikus yang mengambil inspirasi dari kehidupan keluarganya sehari-hari untuk dijadikan tema komik-nya; dan Aruga Perbawa, Ketua Umum Komikin.

Kompetisi ini terbuka bagi kreator komik atau siapa saja yang dapat membuat karya komik, di mana semua karya yang dikompetisikan adalah merupakan karya sendiri yang orisinil serta karya mereka ini juga belum pernah dijual dan dimonetisasi melalui platform digital manapun.

Para kreator komik yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi ini perlu membuat akun mereka di platform Tiptip.

Kompetisi ini mengusung tiga tema yang akan mendorong kreativitas para komikus Indonesia, yaitu : Kehidupan sehari-hari, Harapan serta Cinta.

Salah satu syarat mengikuti kompetisi ini adalah, karya komik yang dikompetisikan harus merupakan karya komik yang pertama kali dipublikasikan dan pertama kali diperjualbelikan.