Find Us On Social Media :

Hands-on realme 10 Pro 5G: Bezel Tertipis dan Kamera 108MP ProLight

By Dayu Akbar, Senin, 16 Januari 2023 | 08:00 WIB

Mengawali tahun 2023, realme menghadirkan smartphone yang menyasar segmen kelas menengah yaitu realme 10 Pro series. Untuk pasar Indonesia ada dua seri yang meluncur yaitu realme 10 Pro+ 5G dan realme 10 Pro 5G.

realme 10 Pro+ 5G hadir sebagai flagship-level 120Hz Curved AMOLED pertama di segmen harganya dan realme 10 Pro 5G sebagai bezel tertipis dengan 108MP ProLight Camera di segmen harganya.Dan kali ini akan kita bahas realme 10 Pro 5G yang merupakan seri yang memiliki kasta di bawah realme 10 Pro+ 5G. Unboxing

realme 10 Pro 5G hadir dengan kotak penjualan yang didominasi dengan warna khas yaitu kuning dengan sedikit garis hitam. Didalamnya, selain unit realme 10 Pro 5G yang sudah terpasang screen protector, Anda akan mendapati kelengkapan seperti case transparan, adapter 33 watt, kabel USB, SIM ejector, serta kertas panduan dan garansi.

Desain

realme 10 Pro 5G hadir dengan desain kekinian. Hal paling terasa adalah kamera belakangnya yang hanya memiliki dua lensa dengan fisik berukuran bulat cukup besar dengan desain yang agak menonjol. Belakangaan, tampilan dua lensa ini memang sedang menjadi tren di beberapa smartphone sekelas. Di sebelahnya terdapat satu lampu LED flash kecil sebagai pelengkap.Bagian belakang smartphone ini terlihat minimalis dengan bodi rata. Meski sedikit bermotif namun lapisannya cukup halus. Asiknya, lapisan ini sudah dibuat agar tidak mudah kotor saat dipegang. Kami menyukai tampilan bodi belakang ini karena terkesan simple namun terasa premium. Dimensinya juga cukup nyaman digenggam dengan bobot sekitar 190 gram.

Penempatan tombol fisik juga cukup standar. Sisi kanan terdapat tombol Volume dan Power. Tombol Power dibuat agak cekung kedalam karena juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Untuk membuka akses, selain fingerprint, mendukung pula face recognition yang mengandalkan kamera depan.Untuk slot kartu, realme menempatkannya di sisi kiri dimana didalamnya terdapat kompartemen yang hanya mampu menampung satu kartu SIM dan satu kartu microSD atau hanya dua kartu SIM saja. Sementara sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, port USB type-C, dan speaker.Layar

Dengan teknologi RAZR terbaru, layar realme 10 Pro 5G hadir dengan bezel samping setipis 1 mm dan bezel atas 1,15 mm, menjadikannya smartphone realme dengan bezel tertipis hingga saat ini. Dengan Teknologi TopNotch, realme mengintegrasikan sensor cahaya di bagian atas bezel, memberi pengguna tampilan layar yang lebih luas. Karena memiliki bezel tipis, realme menggunakan desain punch hole untuk kamera depan.

Spesifikasi layarnya sendiri memiliki ukuran 6,72 inci dengan panel IPS LCD beresolusi FHD+ atau 1080 x 2400 pixels. Sementara refresh rate-nya mencapai 120Hz yang bisa diatur kecepatannya. Memiliki TÜV Rheinland Low Blue Light Certificate, layar ini juga dapat mengurangi paparan sinar biru sehingga lebih nyaman untuk dilihat dalam jangka waktu lama.Kamera

Kali ini realme hanya menghadirkan dua kamera di bagian belakang yang terdiri dari 108 MP ProLight Camera dan 2 MP sensor depth. Kamera 108 MP ProLight Camera-nya dilengkapi fitur HyperShot Imaging Architecture yang sebelumnya hanya terdapat pada realme GT Series. Hal ini membuat tingkat kecerahan dari warna dan detail di setiap foto dapat dibuat berkat algoritma AI cerdas terbaru. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 16 MP yang juga bisa dimanfaatkan sebagai sensor pengenal wajah (face recogniton).

Spesifikasi

Bidik segmen kelas menengah, realme 10 Pro 5G ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G. Chipset ini menawarkan performa bertenaga dan juga memberikan tingkat efisiensi daya baik berkat teknologi pemrosesan 6nm. Memiliki RAM 8GB yang bisa ditambah dengan memori virtual hingga 8GB, membuat berbagai aplikasi dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.