Find Us On Social Media :

Nodeflux, Solusi Vision Artificial Intelligence Karya Anak Bangsa

By Rafki Fachrizal, Rabu, 18 Januari 2023 | 14:15 WIB

Ilustrasi Teknologi Vision AI dari Nodeflux.

Bagi Anda penggemar film action, pernahkah bertanya-tanya tentang bagaimana aparat penegak hukum berhasil melacak dan menangkap buronan dalam waktu cepat, meskipun terdapat jutaan rekaman kamera CCTV yang perlu diperiksa?

Faktanya, dengan bantuan teknologi pengenalan wajah yang didukung oleh Artificial Intelligence (AI) hal itu bisa dilakukan.

Seiring dengan kapasitas komputasi dan jumlah data yang berkembang begitu pesat, AI telah memasuki fase baru.

Namun, dalam perjalanannya untuk dapat menjadi lebih praktis dan bermanfaat, berbagai tantangan kerap muncul.

Mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi computer vision misalnya, masih rumit dan memakan waktu.

Nodeflux, perusahaan Vision AI dari Indonesia, berupaya untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, menyederhanakan solusi Vision AI, dan memanfaatkannya secara nyata.

Produk unggulan Nodeflux, VisionAIre, merupakan sebuah mesin integrasi computer vision yang dirancang untuk melakukan operasi machine vision dengan penerapan yang kuat, fleksibel, serta analitik yang modular.

Yang tidak kalah penting, VisionAIre juga memiliki integrasi terbuka secara penuh, sehingga setiap developer di luar sana dapat menciptakan berbagai solusi aplikasi menggunakan kecerdasan mesin Nodeflux.

Dalam beberapa proyeknya, Nodeflux mengandalkan layanan Microsoft Azure Cloud Computing untuk mendukung pengembangan sejumlah solusi aplikasi yang canggih.

Dengan memanfaatkan Azure Instance VM yang didukung komputasi Graphics Processing Unit (GPU) misalnya, VisionAIre mampu mendukung permintaan yang bervariasi dengan mengandalkan kemudahannya dalam skalabilitas komputasi sesuai kebutuhan.

Lebih lanjut, data-data yang tersimpan di Azure Storage kemudian akan diproses menggunakan Azure Cognitive Service Custom Vision dan Optical Character Recognition (OCR) atau pengenalan karakter optis, serta menghasilkan visualisasi data yang disampaikan langsung kepada end-user secara mudah melalui dashboard PowerBI.

Selain penggunaan dalam security surveillance atau pengawasan keamanan, seperti untuk mengidentifikasi wajah dan nomor polisi kendaraan, solusi vision AI dapat diterapkan untuk situasi seperti menghitung jumlah kendaraan atau perkiraan kerumunan guna mengawasi lalu lintas, pendeteksian merek, pendeteksian dini banjir melalui pemantauan ketinggian air sungai, dan masih banyak lagi.

“Kami adalah penyedia computer vision berpengalaman di Indonesia dari segi kecepatan dan kemudahan dalam mengatasi tantangan geografis, sebagaimana terlihat dari pengalaman implementasi kami yang merata di seluruh negeri,” pungkas Meidy Fitranto, Co-Founder dan CEO Nodeflux.