Find Us On Social Media :

Dell Rilis 13 Server PowerEdge Terbaru, Apa Saja Keunggulannya?

By Liana Threestayanti, Kamis, 19 Januari 2023 | 14:00 WIB

Dell Technologies menambahkan 13 server Dell PowerEdge baru untuk menjawab tantangan beban kerja. Salah satunya adalah artificial intelligence. (ki-ka: Dell PowerEdge HS5610, Dell PowerEdge HS5620, dan Dell PowerEdge R760)

Dell Technologies memperluas portofolio produk servernya dengan menambahkan 13 server generasi terbaru di jajaran server Dell PowerEdge untuk menjawab tantangan beban kerja yang kian besar dan beragam dewasa ini. Salah satunya adalah kebutuhan untuk artificial intelligence.

Disebutkan oleh Dell, server PowerEdge rak, tower, dan multi-node generasi baru ini mengusung prosesor Intel Xeon Scalable generasi keempat. Peluncuran ini sudah mencakup pembaruan software, seperti desain Smart Flow baru, yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi energi dan biaya. Jajaran produk baru ini dirancang untuk komputasi andal di berbagai lingkungan, di data center, public cloud skala besar, dan lokasi edge. 

Jajaran server terbaru ini boleh dibilang datang dengan paket lengkap. Jeff Boudreau, President dan General Manager, Infrastructure Solutions Group, Dell Technologies, menjelaskan, server Dell PowerEdge generasi terbaru ini menawarkan inovasi yang meningkatkan standar efisiensi daya, kinerja, dan keandalan, serta menyederhanakan cara penerapan Zero Trust untuk keamanan yang lebih baik di seluruh lingkungan TI. 

Sementara Chris Kelly, Senior Vice President, Data Center Solutions, Asia Pasifik dan Jepang, Dell Technologies, memaparkan bahwa portofolio server Dell Power Edge generasi terbaru ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan beban kerja yang terus bertambah. 

“Perusahaan di Asia Pasifik dan Jepang harus berhadapan dengan semakin banyak data dan keputusan untuk menumbuhkan bisnis dan mengubah aktivitas operasional mereka,” ujar Kelly. Menurutnya, portofolio server terlaris di industri berdasarkan IDC Worldwide Quarterly Server Tracker for Q3 2022 ini juga akan membantu meningkatkan skalabilitas, otomatisasi, ketahanan siber, dan efisiensi energi.

Perluasan portofolio server ini juga termasuk jajaran server PowerEdge XE dengan GPU NVIDIA H100 Tensor Core dan rangkaian softwareNVIDIA AI Enterprise untuk produksi full stack platform artificial intelligence, dibangun berdasarkan pembaruan teknologi artificial intelligence dan machine learning.  

Dell PowerEdge HS5610 dan HS5620 dihadirkan untuk penyedia layanan cloud yang mengelola data center multi-vendor berskala besar. Tersedia dalam form factor 1U dan 2U, server dua soket yang akan tersedia di seluruh dunia pada bulan April ini memiliki konfigurasi cold aisle yang dapat diservis dan dilengkapi Dell Open Server Manager. 

Peningkatan Kinerja dan Pengelolaan

Server PowerEdge generasi terbaru ini juga menawarkan peningkatan kinerja, misalnya Dell PowerEdge R760 memiliki kemampuan melakukan inferensi AI hingga 2,9 kali lebih baik di prosesor Intel Xeon Scalable generasi keempat dengan Intel Deep Learning Boost dan Intel Advanced Matrix Extensions. Server yang akan tersedia di bulan Februari 2023 ini  juga menawarkan peningkatan pengguna VDI hingga 20% dan peningkatan pengguna SAP Sales & Distribution di satu server lebih dari 50%, dibandingkan generasi sebelumnya. 

Jajaran server generasi terbaru ini juga membekal software monitoring yang telah ditingkatkan dan mengusung berbagai layanan baru untuk memudahkan pengelolaan server. Salah satunya adalah Dell CloudIQ yang menggabungkan pemantauan proaktif, machine learning, dan analitik prediktif sekaligus menawarkan tampilan server yang komprehensif di mana pun server berada.

Sementara software Dell Remote Access Controller (iDRAC) akan membantu pelanggan ketika  membutuhkan peningkatan otomatisasi dan kecerdasan server.

Dirancang untuk Keberlanjutan (Sustainability)