Spotify Technology akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawan pekan ini untuk mengurangi beban biaya operasional yang mahal.
Sayanganya, belum diketahui berapa banyak karyawan yang terkena kebijakan tersebut.
Sebelumnya, Spotify juga telah merekrut karyawan dalam jumlah besar saat pandemi Covid-19 berlangsung.
Namun, saat pandemi Covid-19 mulai mereda dan kehidupan kembali normal maka Spotify melakukan penyesuaian dengan melakukan efisiensi pegawai.
Apalagi, Spotify harus mengurangi beban operasional untuk mengantisipasi kondisi perekonomian yang lesu.
Tak hanya Spotify, banyak raksasa teknologi yang melakukan pemangkasan karyawannya seperti perusahaan induk Google Alphabet Inc berencana mengurangi 12.000 pekerjaan, sementara Microsoft sebanyak 10.000 pekerjaan.
Amazon juga melakukan PHK karyawan yang diperkirakan akan berdampak pada 18.000 posisi.
Sebelumnya, Meta Platform dan Twitter Inc telah melakukan PHK kepada ribuan karyawan pada tahun lalu.
Strategi Spotify
Spotify
Industri podcast Indonesia melonjak signifikan atau tumbuh hingga lima kali lipat dalam tiga tahun terakhir, menyusul meningkatnya pendengar maupun kreator lokal di aplikasi audio streaming Spotify.
"Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada 2019, kami melihat adanya 5 kali lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify,” ungkap General Manager Spotify Asia Pacific Gautam Talwar dalam siaran pers-nya.
Gautam mengatakan Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast Spotify terbanyak secara global sejak 1 November 2022. Apalagi, Spotify terus mendorong kreator lokal untuk terus berkarya, berinovasi lewat kemudahan akses di Spotify.
Tak hanya, Spotify juga memberikan program pelatihan bagi para kreator untuk mengembangkan talentanya dengan lebih maksimal. Contohnya seperti kemitraan dengan Siberkreasi yang melatih kemampuan podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli.
Pelatihan itu hadir dalam bentuk "Video Podcast" yang juga tersedia melalui platform podcasting milik Spotify yakni Anchor. Konten itu dapat diakses gratis bagi semua lapisan masyarakat.
Saat ini 95 persen podcast di Indonesia dibuat melalui Anchor, menjadikan Indonesia di posisi teratas di seluruh dunia untuk adopsi penggunaan Anchor dalam pembuatan konten podcast.
Head of Studios Spotify Southeast Asia Carl Zuzarte meyakini industri podcast di Indonesia masih akan bertumbuh. Kondisi itu dilihat dari data Spotify yang menunjukkan setiap harinya 1 dari 4 pengguna Spotify secara rutin mendengarkan konten podcast.
"Kami akan terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia,” ujar Head of Studios Spotify Southeast Asia Carl Zuzarte.
Salah satu dukungan lainnya yang dilakukan Spotify untuk menumbuhkan peluang lapangan kerja baru di dunia digital itu adalah dengan menggelar Konferensi Podcast pertama Spotify di Asia.
Konferensi yang telah sukses terselenggara pada Rabu (16/11) di Kasablanka Hall, Jakarta Selatan itu mengajak kreator podcast berdiskusi dan bertukar ide mengenai cara untuk mendorong pertumbuhan podcast Indonesia di masa depan.