Find Us On Social Media :

Kembali "Hidup", Steve Jobs Berbicara Soal Kecanggihan ChatGPT

By Adam Rizal, Kamis, 26 Januari 2023 | 11:00 WIB

Meski cuma lulusan SMA, Steve Jobs memiliki kecerdasan luar biasa

Baru-baru ini beredar video berjudul Steve Jobs on ChatGPT : The Future of AI Communication itu.

Steve Jobs kembali hidup melalui rekayasa suara yang dibuat mirip dirinya dan hadir dalam konten video singkat milik akun YouTube Synthetic Voices beberapa waktu lalu.

Para penonton yang mendengar suara mirip Steve Jobs sedang menjelaskan soal ChatGPT, sebuah chatbot artificial intelligence buatan OpenAI.

Tentunya itu bukan Steve Jobs (Pendiri Apple) yang asli karena beliau sudah meninggal dunia melainkan sebuah voice synthesizer berbasis machine learning, yakni elevenlabs.io

"ChatGPT merupakan piranti kecerdasan buatan sangat canggih bisa memahami dan merespons bahasa manusia dengan tingkat akurasi belum pernah ada sebelumnya," kata suara Steve Jobs hasil rekayasa tersebut seperti dikutip Gizmochina.

Suara rekayasa itu sangat mirip dengan Steve Jobs karena menggunakan teknologi pengubah suara dan algoritma deep learning.

Investasi Miliaran Dolar

Bikin Sistem AI Canggih, Microsoft Kucurkan Rp 13,9 Triliun ke OpenAI

Microsoft resmi mengumumkan investasi miliaran dolar ke OpenAI, pengembang di balik Chabot ChatGPT untuk mengembangkan ChatGPT yang lebih canggih lagi dan mengantisipasi chat Artificial Intelligence (AI) buatan Google, Alphabet.

“Kami membentuk kemitraan ini berdasarkan ambisi bersama untuk secara bertanggung jawab memajukan penelitian AI mutakhir dan mendemokratisasi AI sebagai platform teknologi baru,” kata CEO Microsoft Satya Nadella, dikutip The Verge.

Beberapa media sebelumnya melaporkan investasi tersebut mencapai 10 miliar dolar AS. Dalam postingan blog, Microsoft mengumumkan fase ketiga dari kemitraannya melalui investasi multi-tahun senilai miliaran dolar.

Sebelumnya, Microsoft pernah menyuntik dana ke OpenAI senilai satu miliar dolar AS seperti dikutip Reuters.