Find Us On Social Media :

Inilah Lima Teknik Rahasia Mendapatkan Jawaban Terbaik dari ChatGPT

By Wisnu Nugroho, Kamis, 26 Januari 2023 | 10:37 WIB

Lima teknik rahasia untuk ChatGPT

ChatGPT memang fenomenal. Sejak diperkenalkan Desember 2022 kemarin, ChatGPT sudah membuktikan kemampuannya untuk menjawab pertanyaan di berbagai topik. Tanya apa saja, dan ChatGPT dapat menjawabnya.

Namun mungkin belum banyak orang yang tahu jika ada teknik khusus untuk bertanya ke ChatGPT. Jika menggunakan teknik yang tepat, Anda akan mendapatkan jawaban ChatGPT yang sesuai ekspektasi. 

Berikut adalah lima teknik utama yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan jawaban memuaskan dari ChatGPT. Perlu dicatat, lima teknik ini bisa digabung untuk menghasilkan jawaban sesuai keinginan Anda.

Saat bertanya sebuah topik ke ChatGPT, Anda sebenarnya bisa menentukan panjang jawaban. Contohnya dengan menyebut “tulis jawaban dalam tiga paragraf” atau “tulis jawaban dalam 1000 kata”. Nanti, ChatGPT akan menjawab pertanyaan dengan panjang sesuai permintaan Anda.

Anda bisa menentukan panjang jawaban dari ChatGPT berdasarkan jumlah karakter, kata, maupun paragraf

Karena belajar dari banyak sumber, ChatGPT memiliki kemampuan untuk menjelaskan berbagai topik dengan gamblang. Saking pintarnya, ChatGPT bisa memberikan jawaban yang teknis maupun yang sederhana. Karena itu, sebaiknya Anda definisikan seteknis apa jawaban yang Anda inginkan ke ChatGPT.

Contohnya seperti di bawah ini, ketika kami bertanya tentang big bang theory dan masukkan teks “ELI5” yang artinya Explain like I’m 5 (atau jelaskan seperti saya berumur 5 tahun). Nanti ChatGPT akan menjawab dengan kalimat yang simpel dan penuh analogi. 

Jika ingin mendapatkan jawaban yang simpel, Anda bisa gunakan perintah ELI5 (Explain Like I'm 5)

Secara default, ChatGPT akan menjawab pertanyaan dengan nada resmi. Akan tetapi, Anda juga bisa meminta ChatGPT untuk menjawab dengan nada santai. Contohnya Anda bisa meminta gaya persuasif atau membujuk, storytelling, sampai bro style seperti berbicara sehari-hari.

ChatGPT bisa mengubah jawaban sesuai dengan gaya bahasa yang Anda inginkan, seperti gaya bahasa santai seperti ini (meski sebenarnya agak kaku untuk Bahasa Indonesia)

Mirip seperti aktor penuh karakter, ChatGPT juga bisa menjawab dengan persona atau sosok tertentu. Tentu saja, sosok ini harus terkenal sehingga ada cukup data bagi ChatGPT untuk menirukannya. Contohnya Anda bisa menyuruh ChatGPT untuk menjawab dengan gaya Shakespeare, Barack Obama, Elon Musk, sampai Joko Widodo.

Berikut adalah contoh saat kami bertanya penyebab tech winter dengan gaya Donald Trump. 

ChatGPT bisa menjawab dengan persona atau sosok tertentu, seperti Donald Trump di contoh ini