Find Us On Social Media :

Cara Menggunakan ChatGPT untuk Membantu Membuat Tugas atau Skripsi

By Wisnu Nugroho, Jumat, 27 Januari 2023 | 13:05 WIB

Ilustrasi membuat skripsi

Pernahkah Anda merasa mentok saat mengerjakan tugas atau skripsi? Contohnya ketika Anda tidak bisa menemukan topik yang tepat, atau kesulitan mendapatkan literatur yang mendukung hipotesis Anda?

Sebenarnya, internet telah menyediakan gudang informasi yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakan tugas dan skripsi tersebut. Namun dengan begitu banyaknya informasi yang tersebar, mendapatkan informasi yang tepat malah menjadi tantangan tersendiri.

Untungnya, perkembangan teknologi semakin memudahkan kita menjawab permasalahan itu. Contohnya dengan kemunculan ChatGPT

Bagi Anda yang belum tahu, ChatGPT adalah chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan memahami teks secara kontekstual, untuk kemudian memberikan jawaban yang kontekstual juga. ChatGPT juga cerdas dan tahu banyak topik karena telah “belajar” dari konten yang ada di internet.

Namun perlu dipahami, jangan sepenuhnya menggunakan ChatGPT untuk membuat tugas atau skripsi. Posisikan ChatGPT sebagai teman belajar dan diskusi seputar topik tertentu. Dengan pengetahuan yang dimiliki, ChatGPT memiliki perspektif yang luas akan sebuah topik, yang mungkin bisa Anda jadikan tema besar untuk tugas atau skripsi.

Cara memanfaatkan ChatGPT untuk menulis tugas atau skripsi

Sebagai awal, ChatGPT bisa Anda gunakan untuk mendapatkan topik utama. Anda cukup memasukkan informasi dasar, seperti judul dan keyword yang Anda ingin kembangkan. 

Contohnya di bawah ini, ketika kami meminta ChatGPT untuk mencari lima topik utama ketika membahas transportasi publik di Bandung.

Anda bisa meminta ChatGPT membuat daftar sudut tulisan cukup dengan memasukkan sebuah topik

Ketika sudah mendapatkan topik yang tepat, Anda bisa meminta bantuan ChatGPT untuk membuat urutan atau outline tulisan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran poin-poin utama dan sehingga memudahkan dalam proses penulisan.

Jika bingung dalam mengembangkan topik, Anda bisa meminta ChatGPT membuat outline atau susunan tulisan

Dari outline yang ada, Anda kemudian bisa mencari sumber informasi dan literatur menggunakan ChatGPT. Contohnya di sini, ChatGPT memberikan deretan literatur saat kami minta carikan literatur tentang transportasi di Bandung. Sebagai catatan, ChatGPT tidak memberikan link ke sumber informasi, sehingga Anda harus mencari sendiri literatur tersebut melalui Google atau mesin pencari lain