Find Us On Social Media :

Gampang Banget! Begini Cara Mudah Rekam Layar iPhone dan Mac

By Adam Rizal, Senin, 30 Januari 2023 | 10:30 WIB

iPhone 13

Jika ingin melakukan screen record alias merekam layar di iPhone dan Mac, ada cara mudah yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan fitur bawaan dari Apple.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi perekam layar lain yang menawarkan fitur lebih lengkap atau tampilan antarmuka lebih bersahabat (intuitif). Pilihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Lantas, bagaimana cara melakukan screen recording (rekam layar) pada Mac, iPhone dan iPad? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Rekam Layar di Mac yang Mudah Dicoba

QuickTime Player

 

Cara pertama adalah menggunakan QuickTime Player. Software ini memang terkenal sebagai alat edit video. Tetapi, aplikasi ini menawarkan fitur screen recording yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk merekam aktivitas layar di Mac. Sayangnya, aplikasi tidak bisa merekam audio sistem selama proses screen recording berlangsung.

Berikut adalah langkah-langkahnya: 

  1. Buka QuickTime Player pada Mac.
  2. Pilih File pada bilah menu, lalu klik New Screen Recording.
  3. Jendela baru pun muncul dilengkapi dengan berbagai opsi. Lanjutkan dengan klik Record untuk memulai proses screen recording.  Jika ingin mengatur lokasi atau tempat hasil rekaman disimpan, pengguna dapat mengklik Options.
  4. Jika sudah selesai merekam, klik ikon Stop di bilah menu.

EaseUS RecExperts

Bila ingin menyertakan audio sistem saat merekam layar, pengguna dapat menggunakan EaseUS RecExperts. Alat ini dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang dapat menunjang kegiatan screen recording di Mac, termasuk fitur merekam sistem audio, mikrofon dan webcam.

Selain itu, ada pula mode Region yang memungkinkan pengguna untuk merekam sebagian area layar. Jika ingin merekam seluruh layar maka pengguna dapat mengaktifkan mode Fullscreen.

Berikut langkah-langkah menggunakan EaseUS RecExperts.