Find Us On Social Media :

Punya Pola Pikir Kritis dan Melek Teknologi Teknologi, Begini Karakter dan Kebiasaan Gen Z

By Fathia Yasmine, Senin, 30 Januari 2023 | 15:51 WIB

Ilustrasi Gen Z

Generasi Z atau Gen Z menjadi salah satu kelompok usia yang tumbuh berdampingan dengan perkembangan teknologi. Kondisi ini membuat Gen Z lebih kritis dalam melihat berbagai isu, mulai dari kesehatan mental, gaya hidup, hingga perkembangan teknologi.

Mengingat teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan Gen Z, tak heran jika generasi ini cenderung mengandalkan smartphone dan laptop untuk memudahkan aktivitas mereka. Contohnya, menggunakan laptop untuk bekerja jarak jauh hingga terkoneksi dengan keluarga.

Menariknya, selain andal dalam penggunaan teknologi, paparan internet dan smartphone juga membuat Gen Z memiliki kebiasaan yang unik, sehingga membedakan mereka dengan generasi-generasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

  1. Susah lepas dari smartphone

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalah lekat dengan smartphone. Pasalnya, selain digunakan sebagai sarana berkomunikasi, perangkat ini juga kerap dimanfaatkan sebagai media untuk melepas bosan.

Alhasil, karena terbiasa memakai smartphone di segala kegiatan, perangkat ini jadi sering dibawa ke berbagai tempat, termasuk kamar mandi.

Baca Juga: Lewat Teknologi, Pemuda 19 Tahun Ini Lawan Stigma Sebagai Kaum Rebahan

  1. Hobi gonta-ganti gadget

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat berbagai merk gadget hadir dalam waktu bersamaan. Oleh sebab itu, banyak Gen Z gemar berganti smartphone, laptop, atau aksesori gadget dalam waktu singkat.

Selain menjadi ajang untuk tetap mengikuti tren, kebiasaan berganti gadget juga disebabkan karena banyaknya rekomendasi dari internet. Mulai dari pengaruh influencer di media sosial, video review di TikTok dan YouTube, hingga rekomendasi teman atau keluarga.

  1. Gemar belanja dan pergi ke tempat hits

Sebagai generasi yang peduli akan kesehatan mental, kebiasaan berbelanja online serta pergi ke tempat hits seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Untuk membeli barang yang diinginkan, Gen Z bisa mengandalkan platform e-commerce. Sementara barang limited edition bisa didapat lewat bantuan  akun jasa titip (jastip) yang ada di media sosial.

Ketika ingin mengunjungi tempat hits, Gen Z juga terbiasa mencari berbagai rekomendasi kafe, restoran, dan tempat nongkrong dari berbagai platform di media sosial.

Baca Juga: Serial Tinder Swipe Night Ungkap Karakter Gen Z di Indonesia