Find Us On Social Media :

Nih, 8 Chrome Extension yang Bikin Utak-atik ChatGPT Makin Asyik

By Liana Threestayanti, Rabu, 1 Februari 2023 | 19:05 WIB

Seiring viralnya ChatGPT, orang tak lagi sekadar mencoba menggunakannya. Banyak pihak kini mulai meningkatkan cara penggunaan ChatGPT, di antaranya melalui Chrome Extension. (ilutsrasi chatbot AI)

Seiring viralnya ChatGPT, orang tak lagi sekadar mencoba menggunakannya. Banyak pihak kini mulai meningkatkan cara penggunaan ChatGPT, di antaranya melalui Chrome Extension.

Baca juga: Lagi Viral, Apa Itu ChatGPT dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Jika Anda mengunjungi Chrome Web Store, sudah ada lebih dari seratus macam extension yang melabeli dirinya sebagai extension utuk ChatGPT. Dengan extension ini, pengguna Chrome dapat meningkatkan pengalaman menggunakan ChatGPT. Selain menambah fitur, Chrome Extension untuk ChatGPT ini juga menyediakan aneka cara mengakses si chatbot AI yang penggunanya sudah mencapai satu juta user ini.

Inilah 8 extension Chrome yang dapat Anda coba dan manfaatkan bersama ChatGPT.

1. WebChatGPT

Salah satu keterbatasan ChatGPT adalah tidak dapat menampilkan informasi terbaru karena data terbaru yang dipelajarinya adalah data tahun 2021. Dan ChatGPT tidak dapat mengakses data terbaru melalui internet.   

WebChatGPT dihadirkan untuk mengatasi keterbatasan tersebut. Dengan memasang extension ini, ChatGPT dapat menyajikan data dan informasi terbaru berdasarkan pencarian di web. Chatbot ini akan menampilkan hasil pencarian dan melakukan kompilasi informasi berdasarkan tautan-tautan web yang relevan. 

Extension ini juga menyediakan filter untuk memilih waktu (time), kawasan (region), dan jumlah hasil pencarian yang diinginkan. Ingin menggunakan fungsi native ChatGPT? Anda tinggal menggeser saja tombol toggle on/off yang tersedia di bawah kolom chat.

Baca juga: Cara Menggunakan ChatGPT untuk Membantu Membuat Tugas atau Skripsi

2. ChatGPT for Google

Ketika menggunakan ChatGPT, kita harus membukanya di satu tab browser. Dan ketika ingin mengaksesnya setiap saat, kita harus membiarkan tab ChatGPT terbuka.

ChatGPT for Google memungkinkan Anda menjelajah sambil “ditemani” si chatbot AI tanpa repot membuka dan menutup tab khusus. Extension ini bekerja dengan menampilkan respons ChatGPT di sebelah hasil pencarian search engine dan akan selalu aktif saat Anda menggunakan search engine.