Find Us On Social Media :

OpenAI Resmi Luncurkan ChatGPT Plus, Berapa Harga Langganannya?

By Adam Rizal, Kamis, 2 Februari 2023 | 08:35 WIB

ChatGPT

OpenAI resmi meluncurkan layanan terbarunya ChatGPT Plus dengan banderol USD20 atau Rp300 ribu per bulannya, mengingat popularitas ChatGPT terus meningkat setiap bulannya. Bahkan, ChatGPT menjadi platform pertama yang mampu meraih satu juta pengguna dalam lima hari mengalahkan Instagram.

OpenAI melihat kini sudah waktunya untuk memonetisasi ChatGPT dengan layanan yang lebih banyak lagi. Keunggulan ChatGPT Plus adalah mampu menulis artikel seperti manusia pada umumnya termasuk puisi, email, lirik lagu dll. Tak hanya itu, pengguna chatGPT Plus juga mendapat akses layanan yang lebih cepat dari ChatGPT versi gratisan.

Tentunya, OpenAI akan memprioritaskan pengguna ChatGPT dengan fitur-fitur dan pembaruan terbaru. Saat ini layanan ChatGPT Plus baru tersedia di pasar Amerika Serikat (AS) dan akan segera tersedia di berbagai negara lainnya dalam beberapa bulan ke depan.

"Kami terus memperkuat ChatGPT berdasarkan analisa sebelumnya dan yang berkembang saat ini sehingga kami bisa mempelajari kekuatan dan kelemahan. Tentunya masukan dari para pengguna sangat membantu kami meningkatkan kemampuan ChatGPT," tulis OpenAI dalam blog nya.

"Semenjak jutaan orang memberikan kami masukan, kami membuat beberapa perubahan dan pembaruan penting. Kami melihat para pengguna mendapatkan banyak manfaat dari ChatGPT mulai dari penyusunan ide, menyunting teks dan mempelajari topik baru," tulis OpenAI seperti dikutip Tech Crunch.

OpenAI memastikan ChatGPT Plus bukanlah layanan pertamanya karena masih banyak potensi pasar yang masih bisa digarap seperti layanan ChatGPT dengan biaya murah hingga rencana layanan bisnis berserta paket datanya.

"Kami sangat menyukai pengguna gratis kami dan tetap akan membuat layanan ChatGPT versi gratis," ujarnya 

Sebelumnya OpenAI telah mengeluarkan survei tentang teaser ChatGPT Plus pada awal Januari. Hasilnya, survei itu menuai respon positif dari penggunanya. Bahkan, ada pengguna yang rela mengeluarkan biaya berlanggan ChatGPT Plus lebih mahal senilai USD42 atau Rp600 ribuan perbulannya.

"Survei ini meyakinkan kami untuk segera memonetisasi ChatGPT," katanya.

Investasi Microsoft  

Pertumbuhan bisnis Microsoft melambat, tapi cloud masih tumbuh

Microsoft resmi mengumumkan investasi miliaran dolar ke OpenAI, pengembang di balik Chabot ChatGPT untuk mengembangkan ChatGPT yang lebih canggih lagi dan mengantisipasi chat Artificial Intelligence (AI) buatan Google, Alphabet.