Find Us On Social Media :

Zoom: Gaya Kerja Hybrid Tingkatkan Produktivitas dan Fleksibilitas

By Adam Rizal, Kamis, 2 Februari 2023 | 18:00 WIB

Ricky Kapur (Head of Asia Pacific at Zoom)

Zoom Video Communications, Inc. kembali menggelar Work Transformation Summit APAC 2023 dengan mengundang sejumlah pimpinan industri untuk berdiskusi dan berbagi informasi seputar pelanggan dan data.

Acara itu sendiri dihadiri oleh pembicara dari Zoom yaitu Kelly Steckelberg (Chief Financial Officer) dan Ricky Kapur (Head of Asia Pacific) para pimpinan industri dari penyedia jasa market intelligence global IDC, serta perusahaan konsultasi strategis Metrigy Research.

Ricky Kapur mengatakan perusahaan harus melakukan pendekatan-pendekatan baru dan inovatif supaya karyawan, pelanggan dan rekan kerja yang tersebar di dunia dapat saling terhubung.

“Kami percaya kreativitas merupakan perangkat penting yang dapat membantu perusahaan mengubah ketidakpastian menjadi peluang," katanya.

Kelly Steckelberg menyarankan perusahaan harus mereka memiliki cadangan dana untuk berinvestasi dan menyederhanakan infrastruktur IT sehingga perusahaan dapat bergerak dan berkembang lebih cepat.

"Komunikasi dan kolaborasi telah menjadi bagian penting dalam strategi IT sebuah organisasi, terutama saat organisasi tersebut tengah beralih ke norma baru cara bekerja, yakni jarak jauh dan hybrid," katanya.

Para panelis dalam acara ini saling berbagi tentang bagaimana mereka menggunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan dan karyawan, termasuk membuat alur kerja sehari-hari menjadi lebih efisien, mengajar murid secara lebih personal, dan merancang ulang ruang fisik (seperti ruang rapat) untuk meningkatkan fleksibilitas.

Sebagai contoh, Ian Treweek, Head of Information Communications & Technology untuk The Disability Trust, melihat bahwa meningkatnya fleksibilitas, sebagai hasil dari peralihan ke gaya kerja hybrid, telah memunculkan kondisi yang menguntungkan bagi karyawan dan perusahaannya. Karyawan dapat menikmati keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi yang lebih baik, di mana hal ini turut menjamin dinamisme tim, sebab mereka dapat bekerja dengan jam kerja yang berbeda sepanjang hari.

“Kami paham bahwa gaya kerja dan kolaborasi hybrid memiliki makna yang lebih luas daripada sekadar menyediakan sarana untuk rapat,” kata Ricky Kapur.

“Ini juga berarti menjaga hubungan antar karyawan tetap hidup, senantiasa mempermudah mereka untuk membangun hubungan di lingkungan yang hybrid, serta mampu memberikan perpaduan yang baik antara kolaborasi di dalam kantor dengan fleksibilitas dan produktivitas," katanya.

Membangun Tim Tangguh

Conversation intelligence (percakapan dengan kecerdasan buatan) merupakan perangkat bernilai tinggi bagi para pimpinan bisnis yang ingin meningkatkan efisiensi dan penjualan.