Find Us On Social Media :

Gen-Z Indonesia Dorong Spotify Raih 205 Juta Pelanggan Premium 2022

By Adam Rizal, Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi pengguna dengarkan layanan musik streaming Spotify

Layanan streaming audio Spotify mencetak rekor baru dengan meraih 205 juta pelanggan premium atau berbayar pada tahun lalu, naik 14 persen jika dibandingkan tahun 2021 yang memiliki 195 juta pelanggan premium.

Kesuksesan itu membuat Spotify menjadi layanan streaming pertama yang melampaui angka 200 juta pelanggan untuk layanan berbayar. Saat ini Spotify memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 489 juta pelanggan.

Sebagai perbandingan, pengguna aktif bulanan Spotify mencapai 406 juta pelanggan pada 2021. Uniknya, India dan Indonesia memberikan kontribusi positif terhadap kenaikan pengguna Spotify.

Hal itu berkat kampanye yang kuat dan berhasil menarik minat generasi muda dewasa yakni generasi Z.

Tahun ini, Spotify optimistis dapat meraih 500 juta pelanggan pada kuartal pertama dengan 207 juta merupakan pelanggan premium. Secara total pendapatan mereka menargetkan bisa mendapatkan 3,1 miliar euro (Rp50,5 triliun) untuk kuartal pertama tahun ini.

Tingkatkan Podcast 

Spotify

Industri podcast Indonesia melonjak signifikan atau tumbuh hingga lima kali lipat dalam tiga tahun terakhir, menyusul meningkatnya pendengar maupun kreator lokal di aplikasi audio streaming Spotify.

"Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada 2019, kami melihat adanya 5 kali lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify,” ungkap General Manager Spotify Asia Pacific Gautam Talwar dalam siaran pers-nya.

Gautam mengatakan Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast Spotify terbanyak secara global sejak 1 November 2022. Apalagi, Spotify terus mendorong kreator lokal untuk terus berkarya, berinovasi lewat kemudahan akses di Spotify.

Tak hanya, Spotify juga memberikan program pelatihan bagi para kreator untuk mengembangkan talentanya dengan lebih maksimal. Contohnya seperti kemitraan dengan Siberkreasi yang melatih kemampuan podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli.

Pelatihan itu hadir dalam bentuk "Video Podcast" yang juga tersedia melalui platform podcasting milik Spotify yakni Anchor. Konten itu dapat diakses gratis bagi semua lapisan masyarakat.