Find Us On Social Media :

Tantang ChatGPT, Baidu Resmi Perkenalkan Chatbot Canggih ERNIE Bot

By Adam Rizal, Rabu, 8 Februari 2023 | 09:00 WIB

Baidu Dikabarkan Mau Luncurkan Chatbot AI Mirip ChatGPT.

Perusahaan mesin pencari Internet di dunia saat ini tidak akan tidur nyenyak melihat tingkah ChatGPT yang sukses merebut hati pengguna dalam sekejap. Usai Google memperkenalkan chatbot canggihnya AI Bard, kini giliran perusahaan mesin pencari raksasa asal China Baidu memperkenalkan ERNIE Bot.

Chatbot ERNIE Bot dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence (AI) dan akan segera rampung pada Maret tahun ini.

Nantinya, ERNIE Bot akan menawarkan kemampuan mirip dengan ChatGPT yang dapat menghasilkan teks seperti manusia berdasarkan input.

CEO Baidu Robin Li mengatakan perusahaan harus bergerak lincah dalam menyikapi dinamika perkembangan perangkat atau solusi teknologi berbasis artificial intelligence (AI) di pasar baik di teknologi dan aplikasi bisnis.

"Kami harus bergerak lincah supaya dapat bertahan dan untung. ERNIE Bot akan memberikan pengalaman baru kepada pengguna," katanya seperti dilansir Xinhua.

Robin Li mengatakan Baidu memiliki semua sumber daya untuk menggarap proyek chatbot canggih yang serupa dengan ChatGPT baik itu dari tata letak full-stack pada kerangka kerja AI, termasuk cip, kerangka pembelajaran mendalam, model besar, dan aplikasi pencarian.

"Kami tidak kalah dengan para kompetitor untuk mengembangkan teknologi ini," ujarnya.

Baidu terus berupaya selama bertahun-tahun untuk mengembangkan kecerdasan buatan. Pada Maret 2019, Baidu mengusulkan kerangka kerja ERNIE, yang memadukan pengetahuan berdasarkan pembelajaran mendalam dan kemampuan pembelajaran berkelanjutan.

Chatbot Google Bard

Akhirnya, Google memperkenalkan sebuah proyek artificial intelligence (AI) yaitu AI Bard yang akan menandingi ChatGPT buatan OpenAI. Tentunya, Google tidak bisa diam saja melihat sepak terjang ChatGPT yang sukses meraih 1 juta pengguna dalam lima hari.

CEO Google Sundar Pichai mengatakan Bard menggabungkan luasnya pengetahuan dunia dengan kekuatan, kecerdasan, dan kreativitas model bahasa besar. Bard menggunakan informasi dari web untuk memberikan tanggapan yang segar dan berkualitas.