Find Us On Social Media :

Titipku Beberkan Tiga Manfaat dari Ekosistem Digital Di Pasar

By Liana Threestayanti, Rabu, 8 Februari 2023 | 11:00 WIB

Giat mengembangkan ekosistem digital di pasar melalui model bisnis B2B2C, Titipku beberkan tiga manfaat yang dirasakan ekosistem. (salah satu mitra pedagang di PasMod Paramount yang telah bergabung dengan Titipku)

Giat mengembangkan ekosistem digital di pasar melalui model bisnis B2B2C, Titipku membeberkan tiga manfaat yang dirasakan pelanggan, pedagang, maupun Jatiper.

Sebagai langkah awal, saat ini Titipku fokus untuk menerapkan dan mengefektifkan semua lini bisnis B2B2Cnya di Pasar Modern Paramount atau PasMod Paramount di kawasan Serpong. Menurut Titipku, keberhasilan penerapan di PasMod Paramount nantinya akan menjadi tonggak untuk mencapai target penerapan model bisnis B2B2C di 100 pasar di akhir 2023.

Inilah tiga temuan Titipku setelah terjun langsung di PasMod Paramount untuk melihat dampak positif penerapan model bisnis B2B2C terhadap pelanggan, pedagang, dan Jatiper Titipku.

Percepat Barang Keluar dan Naikkan Omzet Pedagang

Pertama, menurut para pedagang di PasMod Paramount, digitalisasi pasar yang dilakukan oleh Titipku memudahkan mereka berdagang. Adanya model bisnis B2C lewat aplikasi belanja Titipku membuat barang dagangan pedagang cepat terjual karena memungkinkan pedagang memperoleh pesanan daring dari konsumen yang lokasinya jauh dari pasar.  

Misalnya, Sarno, seorang pedagang ayam di Pasar Paramount yang sudah bergabung dengan Titipku sejak 2020 mengatakan bahwa dirinya merasa terbantu dengan digitalisasi Titipku.

“Sangat terbantu untuk pengurusan pesanan dengan jarak yang jauh, karena sudah ada kurir dari Titipku sendiri yang mengantarkan pesanan itu,” ungkap Sarno.

Selain itu, melalui model bisnis B2B, toko ayam milik Sarno terpilih menjadi supplier untuk program B2B Titipku. Artinya, pedagang-pedagang ayam lain bisa belanja barang dagangan lewat Titipku yang barangnya diambil dari toko milik Sarno. Baginya, dengan menjadi supplier, barang yang ia jual juga cepat laku.

Titipku juga menyebutkan bahwa selain cepat laku, model bisnis B2B ini pun mempermudah toko lain mendapat barang dagangan berkualitas. Dengan demikian, sistem B2B Titipku telah membuat sistem supply chain yang lebih efisien untuk pedagang.

Selain kemudahan barang terjual dan kemudahan memasok barang, pembentukan ekosistem digital di PasMod Paramount juga telah menambah pendapatan omzet mereka.

Pemilik Lapak 52-53 Tempe Tahu Alim yang bergabung dengan Titipku sejak Agustus 2022 mengatakan bahwa transaksi yang didapat dari Titipku menambah pemasukan dari transaksi langsung di pasar.

“Benefitnya adalah ada tambahan pemasukan. Jadi tetap ada yang datang ke pasar buat belanja, tapi juga ada tambahan transaksi dari yang ada di aplikasi. Untuk peningkatan omzet pasti ada. Berapa persennya saya kurang paham tapi yang jelas ada,” ungkapnya.