Find Us On Social Media :

Mirip ChatGPT, Microsoft Luncurkan Bing Terbaru dengan Chatbot AI

By Adam Rizal, Rabu, 8 Februari 2023 | 12:30 WIB

Mesin peramban Microsoft Bing sudah terintegrasi dengan ChatGPT

Tak perlu menunggu waktu lama, Microsoft memperkenalkan mesin pencari Bing terbaru yang sudah terintegrasi dengan chatbot milik OpenAI ChatGPT. Nantinya, pengguna bisa 'berdialog' dengan Bing mirip seperti pada ChatGPT.

Chatbot ChatGPT sukses menarik perhatian perusahaan raksasa teknologi untuk memperkenalkan layanan serupa.

Sehari sebelumnya, Google juga telah memperkenalkan Bard, sebuah chatbot berbasis artificial intelligence (AI) mirip ChatGPT.

Namun, Microsoft menjelaskan mesin Bing versi terbaru itu masih tersedia dalam "edisi terbatas" untuk versi desktop saja dan belum hadir ke seluruh pengguna.

"Hari ini kami meluncurkan Bing dan Edge yang mengusung teknologi AI terbaru untuk mempermudah pengguna mencari segala sesuatu di internet," tulis Chairman dan CEO Microsoft, Satya Nadella, Blog Microsoft seperti dilansir The Verge.

Anda dapat menggunakan Bing versi ChatGPT dua konfigurasi yaitu chatbot Bing bakal hadir di sebelah kanan dalam laman hasil pencarian di Bing. ChatGPT akan berperan sebagai asisten untuk membantu pengguna menelusuri berbagai informasi.

Konfigurasi kedua, chatbot Bing akan menyerupai desain ChatGPT dan tidak memiliki laman hasil pencarian.

Tampilannya akan mirip dengan chatbot ChatGPT dan pengguna bisa memasukkan berbagai pertanyaan untuk mencari berbagai informasi yang diperlukan, sama seperti ketika mereka memakai ChatGPT.

Secara teknis, Microsoft membenamkan teknologi GPT 3.5, model AI yang juga dipakai oleh OpenAI di dalam ChatGPT ke dalam Bing versi terbaru.

"Model AI yang digunakan di Bing jauh lebih canggih karena bisa memberikan jawaban atau informasi terkini secara lebih detail," ucapnya.

Saat ini, pengguna bisa melihat kemampuan sekilas chatbot Bing melalui laman web www.bing.com/new.

Anda juga dapat mengeklik tombol "Join the waitlist" untuk mendaftarkan indentitas Anda dan supaya Anda mendapatkan informasi terbaru soal ketersediaan Bing versi ChatGPT.