Find Us On Social Media :

Review Lenovo Legion 5 15IAH7H: Performa Tinggi dan Suhu Adem

By Dayu Akbar, Sabtu, 11 Februari 2023 | 21:00 WIB

Ditujukan untuk bermain gim, Lenovo Legion 5 15IAH7H tawarkan performa tinggi dan suhu yang adem plus harga yang relatif terjangkau.

Lenovo Legion 5 merupakan lini laptop untuk bermain gim yang kerap mengalami pembaruan. Kali ini laptop yang punya nama lengkap Lenovo Legion 5 15IAH7H ini dipersenjatai dengan prosesor kencang, yaitu Intel Core i7-12700H. Ini merupakan varian prosesor Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake yang memiliki 14 core yang terdiri dari 6 P-core dan 8 E-core serta 20 thread.

Yang menarik, kartu grafisnya menggunakan NVIDIA GeForce RTX 3060 dengan memori lokal 6 GB berjenis GDDR6 serta TGP (total graphics power) tinggi yang sampai 140 watt. Sementara, memori utamanya juga sudah 32 GB DDR5-4800 dengan konfigurasi kanal ganda. Guna menunjang spesifikasi tadi, Lenovo menggunakan SSD PCI Express NVMe generasi terkini yang menggunakan PCI Express 4.0 x4. Saat kami uji, performa baca dan tulisnya mencapai 6.000-an dan 5.000-an MB/s. Secara spesifikasi, Lenovo Legion 5 yang kami uji sudah cukup menggiurkan untuk kelasnya.

Laptop ini memiliki ciri khas pada bodi bagian bawahnya yang memiliki ukuran lebih panjang dengan penempatan engsel agak ke depan.

Namun sebelum membahas performanya, kami akan membahas fitur-fitur lainnya. Untuk urusan desain, laptop ini bisa dibilang masih mirip dengan Lenovo Legion 5 generasi sebelumnya. Yang paling jadi ciri khas adalah penempatan engsel layar yang agak bergeser ke dalam. Sementara bagian belakangnya berfungsi sebagai tempat buangan udara serta beberapa porta yang cukup lengkap, termasuk Thunderbolt 4 yang memiliki keunggulan seperti bisa mentransfer data berukuran besar dengan cepat sampai menghubungkan ke monitor dengan resolusi 8K.

Layarnya juga dibuat agar nyaman saat bermain gim. Anda akan mendapati layar IPS berukuran 15,6 inci dengan resolusi WQHD atau 2.560 x 1.440 piksel. Refresh rate-nya juga tinggi, 165 Hz, sehingga pergerakan terasa lebih halus, utamanya saat bermain gim dengan pergerakan cepat. Sementara color gamut-nya mendukung sRGB 100%. Dari sisi desain, layarnya memiliki tampilan kekinian karena memiliki ukuran bezel yang cukup tipis sehingga layar terasa lebih lega.

Pada bezel atas terdapat webcam 2 MP yang sudah mumpuni untuk melakukan konferensi video atau sekedar panggilan video. Namun, untuk kebutuhan lebih tinggi seperti streaming, memang dibutuhakn webcam eksternal yang lebih baik. Tidak ketinggalan, Lenovo kerap memiliki pelindung pada webcam guna melindungi privasi penggunanya sehingga akan tetap nonaktif meski dinyalakan. Ini juga sebagai perlindungan dari hacker ketika mengambil alih webcam dan mengaktifkannya dari jarak jauh. Kali ini fungsi perlindungan tersebut di tempatkan di sisi kanan berupa saklar dengan posisi bersebelahan dengan jack audio.

Layarnya bisa dibuka dengan satu tangan dengan engselnya yang bisa dibuka sampai mencapai kemiringan 180°.