Find Us On Social Media :

Banyak Korban, Ini Cara Antisipasi Serangan Siber Saat Hari Valentine

By Adam Rizal, Senin, 13 Februari 2023 | 11:00 WIB

Waspada! Banyak Phising beredar saat hari valentine

Cinta mengudara di Hari Valentine ini, dan bagi banyak orang, itu menginspirasi untuk mencari seseorang yang spesial.

Namun, karena popularitas kencan online terus meningkat, begitu pula ancaman dari penjahat dunia maya yang ingin mengeksploitasi individu yang rentan.

Kaspersky menyoroti bahaya ini dan membagikan lima ancaman kencan online teratas yang harus diwaspadai pada Hari Valentine ini.

Phishing berbagai platform sumber kencan

Bayangkan menemukan pasangan yang sempurna secara online, namun sayangnya justru menjerumuskan kita ke aplikasi kencan palsu yang mencuri informasi pribadi dan detail keuangan.

Itulah realitas phishing – Peneliti Kaspersky melaporkan aktivitas scamming yang intensif di tengah musim Valentine dengan penipu online secara ekstensif membuat halaman web palsu yang identik dengan aplikasi kencan populer untuk mengelabui individu agar memberikan informasi sensitif mereka.

Hasil akhirnya bisa berupa pencurian identitas, penipuan keuangan, dan bahkan pemerasan, yang semuanya dapat merusak hubungan Anda dan menyebabkan hilangnya kepercayaan. Selain itu, data yang dicuri bahkan dapat dijual di pasar dark web. Contoh halaman phishing yang meniru Tinder

Aplikasi palsu

Cinta mungkin buta, tapi malware tidak. Perangkat lunak berbahaya ini dapat menyerang perangkat Anda melalui file yang meniru layanan kencan online. Selama beberapa bulan terakhir, para ahli Kaspersky telah melihat penjahat dunia maya mengeksploitasi nama-nama aplikasi kencan paling populer seperti Tinder, Badoo, Bumble, Grinder, dan banyak lainnya untuk menyebarkan aktivitas berbahaya. Mereka paling sering mendistribusikan adware, yang membombardir pengguna dengan banyak notifikasi, tetapi ada juga serangan dengan Trojan Spies, yang memantau aktivitas online, dan pengunduh Trojan, yang mungkin menginstal program berbahaya lainnya ke komputer korban. Ini membahayakan privasi dan keamanan hingga menyebabkan tekanan emosional dalam hubungan Anda.

Doxing

Doxing mengacu pada tindakan mengungkap dan membagikan informasi pribadi seseorang secara publik. Hal ini dapat menjadi perhatian khusus dalam konteks kencan online, di mana informasi sensitif dapat digunakan untuk menyakiti atau memeras individu tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan bahaya fisik, serta tekanan psikologis, seperti kecemasan dan rasa malu, serta berdampak negatif terhadap kesehatan mental dan hubungan. Dalam skenario terburuk, bahaya tersebut juga dapat beralih ke kehidupan nyata, menempatkan Anda dan pasangan dalam risiko cedera fisik. Tekanan emosional karena informasi pribadi terungkap juga dapat membuat ketegangan dalam hubungan.

Catfishing