Find Us On Social Media :

Bukan Gimmick, Berikut Peningkatan Besar yang Ada di OPPO Reno8 T

By Dayu Akbar, Selasa, 14 Februari 2023 | 22:30 WIB

OPPO Reno8 T (Midnight Black dan Sunset Orange)

Sebagai pilihan baru dari varian OPPO Reno8 Series, kehadiran OPPO Reno8 T menawarkan keunggulan berbeda dibanding OPPO Reno8 Series sebelumnya. Sebelumnya telah hadir lebih dulu varian lain seperti Reno 8 5G, Reno 8 Pro 5G, dan Reno 8 Z 5G, dan Reno 8.Yang unik, penggunaan huruf T pada penamaan seri tersebut memang jadi hal baru bagi OPPO. Hal ini ternyata memiliki maksud bahwa huruf T tersebut merupakan singkatan dari Topped-Up yang kurang lebih memiliki arti peningkatan besar dibanding sebelumnya.OPPO menyebutkan ada beberapa peningkatan besar yang diadopsinya yaitu dari sisi desain, kamera, baterai, dan performa. Namun tidak hanya gimmick, kami sendiri coba membuktikan klaim dari OPPO tersebut. Berikut penilaian kami.DesainPeningkatan pertama yang diangkat oleh OPPO Reno8 T adalah dari sisi desain. Smartphone ini hadir dalam dua pilihan warna yaitu Midnight Black dan Sunset Orange.

Jika Midnight Black hadir dengan desain OPPO Glow yang memberikan nuansa hitam mengkilap dan halus, maka Sunset Orange hadir dengan desain lebih unik dan terasa premiumnya.Hal unik pada pilihan warna Sunset Orange terletak pada lapisan bodi belakang yang memiliki pola bertekstur dan efek jahitan kulit yang dibuat menggunakan desain Fiberglass-Leather.

Pilihan warna Sunsert orange menggunakan pola bertekstur dan efek jahitan kulit yang dibuat menggunakan desain Fiberglass-Leather

Hal ini juga mengingatkan pada desain kulit yang mirip dengan seri flagship terdahulu OPPO yaitu Find X2 Pro. Tentu ini jadi nilai lebih yang cukup menarik karena desain premium kelas flagship juga diterapkan pada seri Reno yang punya harga lebih terjangkau namun tetap mendapatkan aura mewah. KameraPeningkatan berikutnya di OPPO Reno8 T adalah kamera utama yang memiliki resolusi hingga 100MP. Peningkatan yang cukup siginifikan jika dibanding OPPO Reno8 yang punya resolusi hingga 64MP. Dan saat kami gunakan resolusi maksimal tersebut, hasil foto yang didapat sangat tajam dan foto bisa di-crop dengan hasil yang masih cukup bagus. Cocok jika Anda ingin mengambil foto dari jarak jauh tanpa harus melakukan zoom. Untuk hasilnya bisa dilihat pada foto yang kami tampilkan berikut ini.

Foto dengan resolusi 100MP bisa di-crop dengan hasil yang tetap jelas

Tidak hanya itu, hal menarik juga disematkan pada kamera berikutnya yang menggunakan microlens. Kamera microlens ini cukup unik kamera mampu menangkap foto pada obyek berukuran mikro. Sebelumnya kamera microlens pertama kali hadir pada seri flagship lainnya yaitu OPPO Find X3 Pro 5G. Jadi lagi-lagi OPPO berhasil menyematkan fitur flagship pada seri Reno.

Hasil foto mikro menggunakan lensa mikrolens

Performa

Sebagai varian terbaru, system on chip yang digunakan juga lebih powerful. Reno8 T menggunakan SoC MediaTek Helio G99 yang merupakan prosesor 8 inti dengan frekuensi clock hingga 2,2GHz.

Sementara RAM 8GB-nya bisa ditambahkan dengan teknologi RAM Expansion sebesar 8GB. Performa lebih moncer juga terlihat pada pengujian Antutu yang menghasilkan skor 360.000-an point. Lebih tinggi dibanding Reno8 yang ada di kisaran 280.000-an point.

Skor Antutu Reno8 T (tengah) dan Reno8 (kanan)

OPPO menghadirkan 48 Month Fluency Protection untuk menjamin tingkat kelancaran perangkat hingga minimal 4 tahun masa penggunaan. Jadi performa OPPO Reno8 T akan tetap stabil hingga 4 tahun kedepan.BateraiDaya tahan baterai jadi peningkatan berikutnya yang sangat disuka bagi pengguna yang aktif seharian. Kapasitas baterainya yang 5000 mAh cukup tangguh dengan pembuktian yang kami lakukan. Pengujian kami lakukan menggunakan PCMark for Android dengan skenario Work 3.0 Battery Life.

Dari pengujian tersebut, baterainya mampu bertahan hingga 16 jam lebih. Itupun dalam kondisi baterai masih tersisa 20%. Hasilnya cukup tinggi mengingat pengujian lainnya yang pernah kami lakukan pada baterai 5000 mAh biasa mencapai waktu dibawah 15 jam.

Performa baterai serta fitur fast charging 33W

Tidak ketinggalan pengisian baterai yang sudah mendukung teknologi SuperVOOC 33W. OPPO mengklaim bahwa pengisian baterai selama 30 menit bisa mengisi daya sampai 54%. Sementara pengujian kami dari kondisi 20% hingga 100% mencapai waktu sekitar 1 jam.

Spesifikasi Lain dan Harga