Find Us On Social Media :

Alasan Bing ChatGPT Bakal Gantikan Peran Google Search di Masa Depan

By Adam Rizal, Rabu, 15 Februari 2023 | 11:30 WIB

Mesin Pencari Bing yang terintegrasi ChatGPT

Nama mesin pencari Bing milik Microsoft tidak perhitungkan dalam pasar mesin pencari karena mayoritas pasar dikuasai oleh Google Search. Peramban Bing, Opera, Mozilla dll hanyalah pelengkap bagi Google Search.

Google sukses menguasai pasar browser di dunia dengan Google Search sekaligus menjadi pemasukan utama Google dari iklan. Sayangnya, masa kejayaan Google Search diprediksi bakal segera berakhir dengan kehadiran chatbot canggih berbasis artificial intelligence ChatGPT.

Chatbot buatan OpenAI mampu menghadirkan pengalaman baru, informasi dan emosi yang tidak bisa dilakukan Google Search.

Sebagai kompetitor Google di pasar mesin pencari, Microsoft pun melihat celah besar Google dan mengucurkan investasi miliaran dolar AS ke OpenAI.

Sebagai bagian dari kerjasama investasi itu, browser Microsoft baik Bing dan Edge langsung terintegrasi ChatGPT terbaru yang lebih canggih lagi. Hal itu membuat popularitas Bing meroket dan membuat jumlahnya penggunanya meningkat.

Google pun tidak bisa tinggal diam melihat Microsoft memasang ChatGPT dalam mesin perambannya. Google pun memperkenalkan chatbot AI Bard dan akan segera mengintegrasikannya ke Google Search.

Sayangnya, Google AI Bard gagal memberikan kesan pertama yang baik karena salah menjawab soal pertanyaan anak kecil. Sontak, kemampuan Google Seach dipertanyakan dan berbeda dengan Bing yang sudah terpasang ChatGPT.

Berikut beberapa alasan Bing yang terintegrasi ChatGPT bakal gantikan Google Search di masa depan seperti dikutip PC Mag:

1. Mampu Menjawab Banyak Pertanyaan

ChatGPT dapat mengalahkan mesin pencarian Google karena kehadiran teknologi artificial intelligence-nya bisa mengetik jawaban seperti sedang memikirkannya setelah membuka pemilih Obrolan dalam pencarian.

2. Wallpaper Terbaru

Pengguna Bing akan melihat wallpapar terbaru di beranda dan akan melihat video interaktif yang menggantikan foto. Beranda platform Bing tidak hanya gambar monoton tetapi juga menawarkan berita, cuaca, dan harga saham, selain juga tautan pada versi online aplikasi Microsoft Office.