Find Us On Social Media :

Apa saja Jenis-jenis Serangan Siber yang Sering Menyerang Anda?

By Adam Rizal, Sabtu, 18 Februari 2023 | 09:00 WIB

Serangan ransomware menyebabkan operasional ION Trading dan customer-nya terganggu

Serangan siber tidak akan pernah berakhir seiring dengan perkembangan teknologi. Jenis-jenis serangan siber pun terus berubah mengikuti tren teknologi saat ini.

Tak heran kasus serangan siber terus meningkat dalam beberapa tahun, baik serangan siber yang mengincar individu, perusahaan hingga negara.

Karena itu, semua pihak harus sadar dan terus meningkatkan literasi dan sistem keamanan sibernya untuk mencegah terjadinya serangan yang sangat merugikan baik dari dari segi materiil dan moril.

Berikut beberapa jenis ancaman siber yang perlu Anda waspadai:

Malware

Serangan malware adalah salah satu serangan siber yang sering dilakukan. Malware adalah program yang dirancang khusus oleh pelaku cyber crime untuk merusak perangkat, server, atau jaringan Anda.

Salah satu bentuk serangan malware yang sangat berbahaya adalah emotet sebagai bentuk lanjutan dari Trojan perbankan modular yang bekerja sebagai pengunduh untuk trojan perbankan lainnya.

Ransomware

Ransomware bisa meretas hingga mengunci data Anda dan merusak serta melumpuhkan seluruh perangkat korban, sehingga korbannya sudah bisa mengakses dan menggunakannya.

Kemudian ransomware akan meminta tebusan uang kepada Anda supaya Anda membayarnya. Phishing

Phishing adalah bentuk penipuan online untuk menjebak korbannya membocorkan data penting atau informasi sensitif. Phishing mengincar data akun mobile banking, data email, detail kartu kredit, pesan chat, dan sebagainya.

Spoofing