Find Us On Social Media :

Begini Cara Peneliti Microsoft Terbangkan Drone dengan ChatGPT

By Adam Rizal, Kamis, 23 Februari 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi Teknologi Drone

Microsoft menggunakan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mengendalikan robot. Para peneliti Microsoft menerbitkan makalah tentang kemampuan ChatGPT dalam menyederhanakan proses pemrograman software untuk mengendalikan berbagai jenis robot, seperti lengan mekanik dan drone.

"Kami masih sangat bergantung pada kode tertulis untuk mengendalikan robot," ujar para peneliti seperti dilansir PC Mag.

Microsoft memanfaatkan ChatGPT untuk menulis sebagian kode komputer, mengingat ChatGPT sangat mahir dalam merumuskan kode untuk program perangkat lunak. Para peneliti Microsoft memberi ChatGPT perintah untuk mengendalikan robot tertentu.

Tak hanya robot, para peneliti juga menggunakan ChatGPT menulis kode komputer untuk mengendalikan drone udara. Para peneliti Microsoft memberikan ChatGPT perintah yang cukup panjang tentang perintah komputer untuk mengendalikan drone tersebut.

Meskipun penelitian ini menunjukkan potensi ChatGPT dalam robotika, pendekatan ini masih memiliki keterbatasan utama: chatbot hanya dapat menulis kode komputer untuk robot, berdasarkan "prompt" awal atau permintaan berbasios teks yang diberikan oleh manusia.

Oleh karena itu, seorang insinyur harus menjelaskan dengan baik kepada ChatGPT bagaimana antarmuka pemrograman aplikasi untuk robot bekerja, jika tidak, program AI akan kesulitan menghasilkan kode komputer yang relevan.

iPhone di Dunia AI

CEO Nvidia Jensen Huang Dinobatkan Jadi CEO Terbaik di Dunia

Chatbot canggih ChatGPT sukses menghipnotis setiap orang untuk menjajalnya dan menjadikannya layanan wajib yang digunakan setiap harinya.

Bahkan, ChatGPT juga mendorong perusahaan raksasa teknologi lainnya seperti Google dan Baidu untuk meluncurkan layanan chatbot serupa dan mengintegrasikannya ke dalam mesin pencarinya.

Google memperkenalkan chatbot Bard dan Baidu memperkenalkan Ernie yang keduanya sama-sama mengusung teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

CEO dan pendiri Nvidia Jensen Huang pun takjub dengan kemampuan ChatGPT yang dalam sekejap menjadi trend setter di dunia IT. Ia mengganggap ChatGPT seperti "iPhone" di dunia artificial intelligence (AI).