Find Us On Social Media :

Ransomware Makin Targetkan Perusahaan di Asia Tenggara, Adakah Solusinya?

By Rafki Fachrizal, Rabu, 22 Februari 2023 | 13:30 WIB

Ilustrasi Ransomware

Kaspersky menggagalkan lebih dari 300 ribu serangan ransomware yang bertujuan untuk mencuri data bisnis pada tahun 2022

Penjahat siber kini semakin menargetkan perusahaan/organisasi di wilayah Asia Tenggara (SEA). Perusahaan keamanan siber Kaspersky, memperkirakan tren tersebut akan berlanjut tahun ini dan seterusnya, dan bahkan mungkin dengan teknik yang lebih canggih dan tepat sasaran.

Salah satu teknik yang marak dilakukan penjahat siber untuk menjerat korbannya adalah ransomware. Ransomware adalah jenis malware yang mengunci komputer dan perangkat seluler seseorang atau mengenkripsi file elektronik seseorang.

Untuk mendapatkan kunci "dekripsi" atau untuk mendapatkan kembali data Anda, uang tebusan diperlukan oleh para penjahat dunia maya di balik sebagai timbal balik.

Sebagai ancaman, ransomware telah berkembang pesat sejak serangannya pertama kali dilakukan pada tahun 1989.

Sejak 2016, aktor berbahaya di balik ancaman ini telah beralih dari penargetan pengguna individu ke perusahaan yang lebih besar.

Insiden berdampak tinggi yang diketahui termasuk Ransomware Wannacry, dengan kerugian sekitar US$4 miliar setelahnya.

Karena sifat pengembalian investasinya yang tinggi, grup ransomware terus menyerang perusahaan secara global, termasuk bisnis di Asia Tenggara.

Statistik baru dari Kaspersky mengungkapkan bahwa total 304.904 serangan ransomware yang mengincar bisnis di wilayah ini telah diblokir oleh solusi B2B Kaspersky tahun lalu.

Indonesia mencatat jumlah insiden tertinggi yang digagalkan oleh solusi Kaspersky B2B (131.779), diikuti oleh Thailand (82.438), dan Vietnam (57.389).

Filipina mencatat total 21.076 serangan ransomware; Malaysia memiliki 11.750, dan Singapura memiliki 472.

Telemetri Kaspersky juga mengungkapkan bahwa jenis ransomware yang paling umum menargetkan bisnis di Indonesia adalah:

“Salah satu studi baru kami telah mengkonfirmasi bahwa tiga dari lima bisnis di Asia Tenggara telah menjadi korban serangan ransomware. Beberapa pernah, tetapi setengahnya telah menjadi mangsa berkali-kali. Data tahun 2022 kami mengungkapkan bahwa ancaman ini akan terus menjadi ancaman bagi perusahaan di Asia Tenggara, karena terbukti sangat menguntungkan bagi penjahat dunia maya, karena beberapa eksekutif bisnis menganggap ransomware hanya dilebih-lebihkan oleh media, dan tim keamanan perusahaan yang benar-benar kewalahan dan kekurangan tenaga ahli untuk mendeteksi dan menanggapinya,” komentar Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara.