Find Us On Social Media :

Tencent Cloud Duduki Peringkat 1 Penyedia Jasa Cloud di Pasar Layanan Media

By Rafki Fachrizal, Kamis, 23 Februari 2023 | 08:30 WIB

Poshu Yeung, Senior Vice President of Tencent Cloud International.

Tencent Cloud pada Rabu (22/2/2023) mengumumkan bahwa perusahannya telah diakui sebagai penyedia jasa cloud nomor satu di pasar layanan media, menurut Asia-Pacific (APAC) Media Service Market Report 2022 yang dirilis oleh Frost & Sullivan.

Studi yang mengumpulkan wawasan data di Indonesia serta 8 pasar lainnya di wilayah regional tersebut menemukan bahwa 33.4% perusahaan Media dan Entertainment memilih layanan Tencent Cloud untuk mengakselerasi perjalanan transformasi digital perusahannya guna memenuhi kebutuhan layanan media di masa depan mulai dari pembuatan, pemrosesan, dan transmisi konten, hingga komunikasi real-time, video-on-demand, live streaming, serta banyak lagi.

Studi dari Frost & Sullivan itu memetakan lanskap layanan media cloud yang kompetitif dengan mengevaluasi penyedia layanan cloud terhadap tiga kriteria – kapabilitas aplikasinya, yang mengukur cakupan industri serta pengalaman penyedia; kapabilitas layanannya, yang mengukur kualitas infrastruktur yang dimiliki penyedia; serta level ekologinya, yang mengukur sumber, integrasi, serta saluran distribusi penyedia.

Tencent Cloud menduduki peringkat pertama di kapabilitas aplikasi serta layanan, dan berada pada tingkatan utama dalam level ekologi yang dimiliki.

Studi tersebut juga mengemukakan integrasi yang kuat di dalam layanan media end-to-end milik Tencent Cloud, seperti konsolidasi sumber daya jaringan ke dalam Tencent RT-ONE Network untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional pelanggan, serta SDK out-of-box untuk meningkatkan kegunaan dan menurunkan hambatan teknis penggunanya secara lebih baik.

Skala pasar layanan media di Asia-Pasifik diproyeksikan akan mencapai US$6.987 juta pada tahun 2026, dengan CAGR sebesar 27% selama empat tahun ke depan.

Selain itu, permintaan untuk solusi audio dan video diperkirakan akan meningkat di berbagai industri hilir, dengan sektor e-commerce menunjukkan CAGR terbesar di antara sektor lainnya termasuk game online, media dan hiburan, perusahaan, serta layanan kesehatan.

Poshu Yeung, Senior Vice President of Tencent Cloud International, menyoroti bahwa layanan media telah muncul dengan cepat dan kini menjadi landasan cara masyarakat hidup dan berkomunikasi saat ini.

"Dengan memanfaatkan pengalaman Tencent selama dua dekade dalam melayani dan menghubungkan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia pada platform yang berhadapan langsung dengan konsumen, Tencent Cloud berada dalam posisi yang kuat secara strategis untuk membantu perusahaan mencapai "Konvergensi Imersif", sebuah konsep yang menggabungkan teknologi dan pendekatan inovatif dalam mengintegrasikan ekonomi digital serta dunia nyata untuk mewujudkan koneksi tanpa batas," jelas Yeung.

Saat ini, Tencent Cloud menyediakan lebih dari 400 teknologi dan solusi konektivitas yang mendukung "Konvergensi Imersif" melalui jaringan infrastruktur globalnya, yang mencakup lebih dari 26 wilayah geografis di lima benua dan 70 zona ketersediaan, dengan lebih dari 2.800 node akselerasi.

Mendorong Lanskap Layanan Media Asia-Pasifik dengan Strategi Bisnis Global

Yeung lebih lanjut mengatakan bahwa seiring dengan perluasan jejak global Tencent Cloud, bisnis ini akan menggandakan sumber dayanya untuk fokus pada inovasi.

Penyedia layanan cloud ini juga ingin meningkatkan kemampuan produknya dan mempercepat ekspansi internasional dari produk intinya untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.