Find Us On Social Media :

Cara Menggunakan ChatGPT Supaya Dapat Jawaban yang Memuaskan

By Wisnu Nugroho, Sabtu, 25 Februari 2023 | 07:15 WIB

Beginilah cara menggunakan ChatGPT

Untuk menggunakan ChatGPT sebenarnya sangat mudah. Cukup daftar/login di https://chat.openai.com/chat, ketikkan pertanyaan Anda (bisa dengan bahasa Indonesia), dan ChatGPT pun akan menjawab pertanyaan Anda.

Akan tetapi, sebenarnya ada teknik khusus untuk menggunakan ChatGPT. Dengan teknik ini, Anda akan mendapatkan jawaban yang tajam, jelas, dan memuaskan. Jawaban tidak lagi naratif dan membosankan seperti ketika Anda menggunakan pertanyaan biasa.

Berikut adalah kerangka pertanyaan untuk mendapatkan jawaban memuaskan dari ChatGPT.

Anda bisa “mengatur” ChatGPT untuk menjawab seperti profil atau persona tertentu. Dengan pengaturan profil ini, ChatGPT akan menjawab pertanyaan dari sudut pandang profil tersebut. Persona yang bisa Anda pilih pun beragam. Beberapa di antaranya: copywriter, guru, pelatih sepakbola, dan sebagainya.

Jika ingin mendapatkan jawaban memuaskan dari ChatGPT, jelaskan konteks pertanyaan Anda. Dengan begitu, jawaban ChatGPT akan disesuaikan sesuai konteks pertanyaan Anda. Contohnya, Anda bisa menjelaskan konteks ke ChatGPT “Saya sedang belajar bagaimana menjadi pesepakbola sukses seperti Ronaldo”. Setelah itu, Anda bisa mengajukan pertanyaan ke ChatGPT

Jika Anda paham gambaran besar dari sebuah proses, Anda juga bisa mendefinisikan alur jawaban yang diberikan. Tujuannya agar jawaban ChatGPT lebih mendetail sesuai alur tersebut. Contohnya, saat Anda sedang bertanya topik perang Dunia II, Anda bisa menentukan alur seperti “jelaskan Perang Dunia II dalam periode dua tahun, mulai 1941-1945”. 

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan jawaban memuaskan dari ChatGPT adalah menentukan format jawaban. Anda bisa menentukan output dari sisi format, seperti jawaban disusun dalam bentuk tabel. Anda juga bisa menentukan jawaban dari sisi kesulitan, seperti apakah jawaban yang diinginkan bersifat teknis atau mudah dimengerti. Jika ditentukan seperti itu, ChatGPT akan memberi jawaban sesuai instruksi.

Seperti itulah format yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan ChatGPT secara efektif. Semua format tersebut bisa Anda kombinasikan agar jawaban yang diberikan ChatGPT juga memuaskan. 

Contoh Cara Menggunakan ChatGPT

Berikut adalah beberapa contoh jawaban ChatGPT saat kami menggunakan kombinasi beberapa teknik di atas.

(Pertanyaan) Saya ingin belajar soal bulan. Saya ingin mengetahui bagaimana bulan terbentuk dan apa fungsinya bagi bumi. Jawab seperti seorang guru dan saya anak berusia 5 tahun.

(Jawaban ChatGPT)