Find Us On Social Media :

Elon Musk Rekrut Para Jagoan Hebat AI Kembangkan Pesaing ChatGPT

By Adam Rizal, Kamis, 2 Maret 2023 | 09:30 WIB

Untuk mengetahui bagaimana ChatGPT menjelaskan dirinya sendiri, InfoKomputer pun bertanya 'Apa itu ChatGPT' kepada ChatGPT beserta sejumlah hal. Inilah responsnya.

Popularitas chatbot ChatGPT yang mendadak naik dan meraup banyak pengguna membuat banyak perusahaan teknologi raksasa memperkenalkan layanan serupa tak terkecuali Elon Musk.

Padahal, Elon Musk sendiri adalah salah satu tokoh yang turun mengembangkan ChatGPT karena perbedaan prinsip dan masalah bisnis Elon Musk memilih keluar dari proyek OpenAI.

Karena itu, Elon Musk telah merekrut beberapa peneliti artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terbaik di dunia untuk membentuk laboratorium penelitian terbaru.

Tujuannya, para peneliti itu harus mengembangkan layanan chatbot serupa yang lebih baik dari ChatGPT milik OpenAI.

Bocorannya, Musk telah merekrut Igor Babuschkin, seorang peneliti yang baru-baru ini meninggalkan unit kecerdasan buatan DeepMind milik Alphabet seperti dikutip The Information.

Musk memerintahkan Babuschkin untuk membuat tim hebat mengejar penelitian kecerdasan buatan. Sayangnya, Musk dan Babuschkin tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Pecah Kongsi

Elon Musk mengungkapkan bahwa teknologi AI memiliki resiko besar terhadap peradaban di masa depan.

Saat ini chatbot canggih milik OpenAI yaitu ChatGPT sukses menghipnotis pengguna untuk menggunakan layanannya.

Tak heran pengguna ChatGPT sukses meroket dalam waktu sekejap dan membuat para perusahaan mesin pencari raksasa Google memperkenalkan Bard.

OpenAI dipimpin oleh beberapa investor dan begawan teknologi Sam Altam dan salah satu temannya Elon Musk. Iya, CEO Tesla dan Twitter Elon Musk ikut bergabung dengan tim mengembangkan ChatGPT.

Musk ikut mendirikan OpenAI karena ingin menjadi penyeimbang Google. Sayangnya, investasi miliaran Dolar AS Microsoft ke OpenAI membuat Elon Musk tidak senang dan membuatnya berpisah dengan OpenAI.

Musk beralasan OpenAI sudah melenceng dari apa yang dulu dicita-citakannya karena OpenAI dirancang untuk menjadi nirlaba open-source. Itulah alasan mengapa mereka dijuluki OpenAI.