Find Us On Social Media :

Cara Menggunakan Bing ChatGPT, dan Perbedaannya dibanding ChatGPT

By Wisnu Nugroho, Kamis, 2 Maret 2023 | 09:20 WIB

Begini cara menggunakan Bing ChatGPT

Beberapa waktu lalu, Microsoft mengumumkan kehadiran Bing ChatGPT. Chatbot ini mirip seperti ChatGPT yang fenomenal itu, karena bisa menjawab pertanyaan apa saja dari pengguna. Maklum, Bing Chat memang berbasis teknologi ChatGPT buatan OpenAI. 

Meski mirip, Bing ChatGPT dan ChatGPT sebenarnya memiliki pendekatan berbeda. Di artikel ini, kami akan bahas cara menggunakan Bing Chat dan apa bedanya dengan ChatGPT.

Cara Menggunakan Bing Chat

Saat ini, Bing ChatGPT baru bisa digunakan oleh kalangan terbatas. Anda harus daftar dulu di halaman www.bing.com/new untuk masuk ke waiting list. InfoKomputer sendiri telah mendaftar sejak awal dibuka 7 Februari lalu, dan saat ini telah mendapatkan kesempatan untuk mencobanya.

Satu catatan lagi, Bing ChatGPT hanya bisa digunakan di Edge, browser milik Microsoft. Jika Anda belum punya, silahkan download di sini. Jangan khawatir, Edge juga tersedia untuk pengguna sistem operasi Macintosh dan Linux.

Untuk menggunakan Bing ChatGPT, caranya mudah saja. Masuk ke Bing.com, lalu di sisi atas akan ada menu Chat.

Untuk menggunakan Bing Chat, Anda tinggal klik bagian Chat di halaman Bing.com

Jika diklik, akan muncul jendela Bing ChatGPT seperti di bawah ini. Anda tinggal ketikkan pertanyaan Anda, yang bisa menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. 

Perbedaan Bing ChatGPT dan ChatGPT

Meski menggunakan teknologi yang sama, Bing ChatGPT dan ChatGPT berbeda di banyak hal. Jika dianalogikan, ChatGPT seperti mentor yang tahu semua hal (meski terkadang ngarang). Sedangkan Bing ChatGPT mirip seperti asisten yang menemani kita menemukan buku di perpustakaan. Bing Chat bisa memberi jawaban, namun juga memungkinkan kita menggali jawaban lebih dalam.

Berikut adalah beberapa perbedaan dari Bing ChatGPT dan ChatGPT.

Konsep kerja dari Bing ChatGPT pada dasarnya adalah menelusuri internet untuk memberikan jawaban dari pertanyaan pengguna. Hal ini berbeda dengan ChatGPT yang basis datanya adalah tetap (atau data yang telah dikumpulkan sebelumnya).