Find Us On Social Media :

Gegara Pakai Teknologi ChatGPT, Apple Hapus BlueMail dari App Store

By Adam Rizal, Senin, 6 Maret 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Apple tampaknya alergi dengan kehadiran ChatGPT yang mulai dipakai beberapa aplikasi. Baru-baru ini Apple memblokir aplikasi BlueMail dari App Store karena ketahuan mengintegrasikan teknologi ChatGPT ke dalam aplikasi tersebut.

Alasan Apple sangat sepele karena khawatir ChatGPT dapat menghasilkan konten yang tidak sesuai usia bagi pengguna muda iOS. Bila ingin tetap menyertakan fitur ChatGPT di aplikasi, Apple menyarankan BlueMail untuk menetapkan batasan usia penggua mulai dari 17 tahun ke atas

Apple memiliki sejumlah kekhawatiran tentang moderasi konten chatbot berbasis AI. Hanya dengan teks sederhana, program ChatGPT dapat menulis esai yang terlihat profesional, email, dan postingan media sosial tentang beragam topik.

"Aplikasi Anda menyertakan konten yang dihasilkan AI, tetapi tampaknya tidak ada sistem filter konten saat ini," kata Apple kepada BlueMail seperti dikutip The Wall Street Journal.

Pengembang BlueMail beralasan pengintegrasian ChatGPT karena dapat membantu pengguna otomatisasi penulisan pesan mereka. BlueMail juga sudah menjelaskan bahwa aplikasi iOS-nya sudah menyertakan batasan usia menjadi empat tahun ke atas untuk dapat memakainya.

BlueMail, aplikasi email yang diblokir, dikembangkan oleh Blix Inc, sebuah perusahaan berbasis New Jersey, AS. Mereka menggunakan ChatGPT dari OpenAI untuk menghasilkan email bagi pengguna berdasarkan konten dan data kalender mereka sebelumnya.

Pengembang Blix memberi tahu The Wall Street Journal bahwa mereka menerima email dari Apple yang mengatakan aplikasi tersebut telah diblokir karena "tampaknya tidak menyertakan pemfilteran konten saat ini".

Pendiri BlueMail Ben Volach mengkritik Apple yang sengaja mengincar BlueMail karena terintegrasi dengan ChatGPT. "Banyak aplikasi lain yang mengiklankan fitur seperti ChatGPT dan tanpa batasan usia masih terdaftar di App Store," ujarnya.

"Apple mempersulit kami untuk menghadirkan inovasi kepada pengguna kami," kata Volach, dikutip dari Gizmodo.

Menurut laporan Wall Street Journal, Apple sedang menerapkan batasan usia 17-plus yang sama untuk aplikasi bertenaga AI generatif seperti mesin pencari Bing dari Microsoft. Sebaliknya, Google tidak menerapkan batasan usia untuk mengakses aplikasi Bing.

Apple memilih pendekatan yang lebih konservatif atas teknolologi AI seperti Bing, atau generator email BlueMail, berpotensi menemukan dan menyajikan konten dewasa kepada audiens yang lebih muda.

Namun, Volach mengatakan kebijakan Apple kurang konsisten dan tidak diterapkan secara adil untuk semua aplikasi yang menggunakan teknologi serupa.