Find Us On Social Media :

ZTE Rilis Tablet 3D AI, Suguhkan Pengalaman 3D Tanpa Kacamata Khusus

By Liana Threestayanti, Selasa, 7 Maret 2023 | 16:26 WIB

Menggandeng Leia Inc., ZTE menghadirkan Nubia Pad 3D yang diklaim sebagai tablet 3D artificial intelligence (AI) yang pertama di dunia.

Menggandeng Leia Inc., ZTE Corporation menghadirkan Nubia Pad 3D di ajang Mobile World Congress 2023. Yang unik, perangkat ini diklaim sebagai tablet 3D artificial intelligence (AI) yang pertama di dunia.

Apa sih keistimewaannya? Perangkat ini mengusung teknologi yang memungkinkan panggilan video, streaming, dan gaming 3D tanpa membutuhkan kaca mata khusus, termasuk dalam pembuatan konten dan aplikasi. 

"ZTE bekerja sama dengan Leia dalam teknologi 3D AI, dengan bangga mengumumkan perluasan portfolio 5G+3D. Dengan teknologi ini, pengguna dapat menikmati pengalaman 3D tanpa memerlukan kacamata," ujar Ni Fei, Senior Vice President ZTE Corporation dan President ZTE Mobile Devices.

"3D telah lama hadir, namun kami kini meningkatkan tampilan dan pembuatan konten 3D dengan teknologi AI terbaru. Artificial intelligence telah menghadirkan pengalaman 3D ke level baru, baik dalam hal kenyamanan menonton, dan kemudahan untuk membuat konten 3D, bahkan anak usia 5 tahun kini dapat membuat dan membagikan seni imersif yang menakjubkan dalam hitungan detik menggunakan perangkat ini," papar Cecilia Qvist, CEO Leia.

Nubia Pad 3D menggadang-gadang kemampuan menciptakan efek 3D tanpa pengguna harus mengenakan kaca mata khusus, berkat adanya layer Diffractive Lightfield Backlighting (DLB) pada bagian display-nya. Menurut keterangan ZTE, layer DLB ini dari Leia Inc. yang mengumumkan kehadiran teknologi 3D Lightfield tahun lalu. 

Janjikan Pengalaman 3D Imersif

Seperti dijelaskan sebelumnya, Nubia Pad 3D menampilkan teknologi 3D Lightfield mutakhir dari Leia, dan didukung daya komputasi AI sehingga perangkat ini dapat melakukan pelacakan wajah tiga dimensi yang dinamis dan pencocokan secara real-time, hingga menyediakan sudut pandang 3D yang nyaman. 

Perangkat ini juga ditopang neural network dan algoritma yang dapat mengonversi konten 2D menjadi 3D secara real time, menggunakan sensor depan yang akan mendeteksi posisi dan menyesuaikan efek 3D-nya. 

Memproduksi Konten 3D

Nubia Pad 3D tidak hanya bisa memutar konten 3D tapi juga membuat konten 3D. Perangkat ini dibekali dua kamera 8MP di bagian depan dan dua kamera 16MP di bagian belakang tablet. Menggunakan prinsip persepsi stereoskopis pada mata manusia, dual camera di depan dan di belakang itu mampu merekam pemandangan secara 3D. 

Dual camera di belakang dapat digunakan untuk pengambilan gambar 3D, dan dual camera di depan digunakan untuk panggilan video 3D sehingga pengguna dapat membuat konten 3D berkualitas tinggi, membuat kreasi 3D menjadi kenyataan. Tambahan software kreatif memungkinkan semua orang menjadi seniman untuk membuat karya visual 3D melalui AI.

Berbagai Aplikasi 3D