Find Us On Social Media :

Cerita Dua Perempuan Lulusan Program Bangkit yang Akhirnya Berkarier di Bidang IT

By Rafki Fachrizal, Senin, 13 Maret 2023 | 19:45 WIB

Ilustrasi Perempuan yang Berkarier di Bidang IT.

Saat ini, banyak perempuan di dunia menunjukkan performa terdepan mereka untuk berkarier di industri IT (Information Technology).

Hal ini menjadi inspirasi bagi perempuan lulusan program Bangkit, seperti Qassandra Chaidir (Qassie) dan Dzakiyyah Rosyadi (Kia).

Qassie sudah memiliki cita-cita untuk kelak dapat bekerja di startup unicorn. Oleh karenanya, lulusan Universitas Trilogi, Jakarta ini sudah gigih untuk mendalami ilmu sistem informasi dan menjelajahi dunia IT dengan bergabung ke program Google Developer Student Clubs (DSC) pada 2019-2020.

Melalui Google DSC, ketertarikan Qassie untuk mempertajam keahliannya dalam Cloud Computing dan System Engineering semakin besar.

Qassie menyadari agar berhasil direkrut oleh startup unicorn, fresh graduate harus memiliki persiapan yang matang untuk melewati proses rekrutmen yang ketat.

Contohnya seperti, memiliki prestasi baik ketika di perguruan tinggi, pengalaman berorganisasi, dan keterampilan yang diperoleh dari program kesiapan karier.

Oleh karenanya, Qassie pun akhirnya tertarik untuk juga melanjutkan sertifikasi dengan mengikuti program Bangkit di tahun 2021.

“Sertifikasi yang saya kejar bukan untuk mendapatkan pengakuan, namun lebih sebagai proses belajar sebelum menghadapi tantangan yang sebenarnya,” terang Qassie.

“Tidak hanya itu, pertemuan dengan berbagai talenta kompetitif dari seluruh Indonesia ketika mengikuti program juga mendorong saya untuk terus belajar dan bertumbuh,” tambahnya.

Setelah mengikuti beberapa pelatihan, akhirnya Qassie memberanikan diri untuk mengikuti perekrutan yang dilakukan Tokopedia.

Qassie tidak pernah menyangka bahwa dia, sebagai lulusan baru, diterima dan kini bekerja sebagai System Engineer di Tokopedia.

Qassandra Chaidir (Qassie) dan Dzakiyyah Rosyadi (Kia).

Berbeda dengan Qassie, mengambil program studi manajemen di Universitas Brawijaya, Jawa Timur, siapa sangka Kia menemukan inspirasi bahwa belajar IT bisa membuka karier cemerlang bagi dirinya setelah menonton serial drama Korea berjudul “Start-Up”.