Find Us On Social Media :

OpenAI Rilis GPT-4, Diklaim Lebih Canggih dari Versi Sebelumnya

By Rafki Fachrizal, Rabu, 15 Maret 2023 | 17:40 WIB

Ilustrasi GPT-4

OpenAI resmi mengumumkan GPT-4, model bahasa AI (Artificial Intelligence) terbaru yang menjadi kekuatan aplikasi seperti ChatGPT dan mesin pencari Bing (versi baru).

Seperti diketahui, ChatGPT telah menjadi viral akhir-akhir ini. ChatGPT adalah chatbot AI yang dapat berinteraksi dengan penggunanya secara luwes.

Pengguna dapat melontarkan pertanyaan atau permintaan ke ChatGPT dan kemudian akan mendapatkan responsnya secara langsung.

OpenAI mengeklaim GPT-4 "lebih kreatif dan kolaboratif dari versi sebelumnya (GPT-3.5)" dan "dapat menyelesaikan masalah yang sulit dengan akurasi yang lebih tinggi."

Dikutip dari situs resmi OpenAI, GPT-4 dapat memproses input teks dan gambar, meskipun hanya dapat merespons jawaban dalam bentuk teks.

Kemampuan untuk memproses input gambar sendiri masih dalam pengembangan, dan perusahaan tengah berkolaborasi dengan salah satu mitra untuk lebih mengembangkan kemampuan ini. OpenAI belum memberikan informasi kapan fitur ini akan tersedia untuk masyarakat umum.

"Kami telah membuat GPT-4, pencapaian terbaru dalam upaya OpenAI dalam meningkatkan deep learning (pembelajaran mendalam). GPT-4 adalah model multimodal besar, yang mampu menerima input gambar dan teks yang kemudian mengeluarkan output teks," tulis OpenAI.

GPT-4 disebut dapat memproses pertanyaan dari pengguna dengan jawaban 25.000 kata, jumlah itu sekitar delapan kali lebih banyak dari ChatGPT versi sebelumnya.

OpenAI mengatakan telah menghabiskan enam bulan untuk mengembangkan dan melatih GPT-4. GPT-4 dikembangkan dan dilatih dengan sejumlah besar data yang diambil dari internet dan akan berupaya memberikan respons terhadap pertanyaan yang secara statistik serupa dengan yang sudah ada di dunia nyata.

Namun, seperti pendahulunya, OpenAI memperingatkan bahwa GPT-4 masih belum sepenuhnya dapat diandalkan dan mungkin "berhalusinasi" - sebuah fenomena di mana AI mengarang fakta atau membuat kesalahan penalaran - ketika memberikan jawaban.

Jadi, model Bahasa AI baru itu kemungkinan masih rentan untuk berbagi disinformasi.

OpenAI mengatakan bahwa mereka telah bermitra dengan sejumlah perusahaan untuk mengintegrasikan GPT-4 ke produk mereka, termasuk Duolingo, Stripe, dan Khan Academy.

Model baru ini telah tersedia untuk masyarakat umum melalui ChatGPT Plus, yang merupakan layanan langganan ChatGPT dengan harga $20 per bulan, dan juga tersedia melalui mesin pencari Bing milik Microsoft.