Find Us On Social Media :

Nih, Empat Program Sertifikasi Google untuk Tingkatkan Kemampuan TI

By Liana Threestayanti, Kamis, 16 Maret 2023 | 10:00 WIB

Untuk mendorong keterampilan sumber daya manusia di TI, Google menghadirkan empat program digital. Apa saja? (ilustrasi Google)

Untuk mendorong keterampilan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi (TI), Google menghadirkan empat program digital. Apa saja program tersebut?

Intensifikasi transformasi digital di Indonesia terus digulirkan di berbagai lini kehidupan. Walhasil, Pemerintah mengungkapkan Indonesia membutuhkan setidaknya 600.000 talenta digital per tahun untuk menggerakkan roda perekonomian digital. 

Hal ini menggambarkan adanya peluang besar bagi generasi muda untuk berkarier di industri teknologi dan ikut berkontribusi menjadi salah satu talenta digital terdepan di Indonesia. 

Inilah yang mendorong Google untuk menghadirkan beberapa program belajar TI yang dapat diikuti oleh mereka yang tidak memiliki latar belakang TI sekalipun. Menurut Google, kurikulum program-program ini dirancang khusus agar peserta mudah memahami dan meningkatkan keterampilan mereka di bidang TI. 

Inilah empat program Google untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan di bidang TI: 

Bangkit

Program Google Bangkit

Bangkit adalah akademi karier yang didesain melalui kemitraan dengan Dirjen Pendidikan Tinggi dari Kemendikbud, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka. Diperkenalkan sejak tahun 2020 melalui program Kampus Merdeka, Bangkit menawarkan topik pembelajaran machine learning, mobile development, dan cloud computing. Menurut catatan Google, Bangkit telah menghasilkan lebih dari 4.700 lulusan dan puluhan proyek terbaik menerima dana inkubasi sebesar masing-masing Rp140 juta. 

Gelombang pertama tahun 2023 telah dimulai pada bulan Februari lalu. Bagi yang berminat bergabung, masih ada kesempatan di gelombang kedua pada pertengahan tahun nanti dengan melihat informasinya di sini.

Google Career Certificates

Program Google Career Certificates

Google Career Certificates (GCC) merupakan program sertifikasi profesional yang dirancang oleh pakar materi pelajaran dan praktisi senior di Google. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia siap menghadapi era digitalisasi dan mendapatkan pekerjaan yang kini banyak dibutuhkan, seperti IT Support, Data Analytics, Project Management, dan UX Design. Sejak diperkenalkan pada Desember 2021, GCC telah memberikan belasan ribu beasiswa untuk mengasah skill dan belajar ilmu IT.