Find Us On Social Media :

Gandeng AWS, Snowflake Tawarkan Solusi Cloud Terlengkap di Indonesia

By Adam Rizal, Rabu, 15 Maret 2023 | 15:45 WIB

Satchit Joglekar, Direktur Regional ASEAN Emerging Markets akan memimpin Snowflake Indonesia.

Snowflake, perusahaan Data Cloud, hari ini mengumumkan peluncuran layanannya di Indonesia dalam pratinjau publik, membawa teknologi Data Cloud kepada pelanggan dan mitra di Indonesia. 

Layanan Snowflake dapat tersedia secara umum di AWS Asia-Pasifik (Jakarta) Region pada bulan April 2023, sehingga memungkinkan pelanggan dan mitra untuk mempercepat migrasi mereka ke Data Cloud, serta dapat memanfaatkan kekuatan data.

Platform Data Cloud Snowflake membantu organisasi mengurai silo data, menghadirkan data terstruktur, semi terstruktur, dan yang tidak terstruktur dalam satu lokasi. Keunggulan ini memungkinkan pengguna memperoleh informasi bisnis yang penting. 

Platform Data Cloud Snowflake membantu organisasi menjalankan workload utama mereka melalui arsitektur multi-cluster shared data, menggunakan platform yang dikelola sepenuhnya dengan memanfaatkan sumber daya cloud yang hampir tidak terbatas. 

Selain itu, platform ini memungkinkan akses yang hampir tanpa batas sehingga organisasi dapat mengembangkan dan menjalankan aplikasi data, model, pipeline di lokasi data berada, dan memungkinkan efisiensi biaya melalui model penetapan harga berbasis penggunaan per detik.

Sanjay Deshmukh (Senior Vice President Snowflake kawasan ASEAN dan India) mengatakan saat ini semua sektor ingin memanfaatkan kekuatan data dan menawarkan layanan yang benar-benar dipersonalisasi kepada pelanggan, mempercepat pendapatan dan pertumbuhan.

"Banyak perusahaan terkemuka dunia telah bertransformasi menjadi perusahaan berbasis data dengan memberikan persamaan akses data dan memungkinkan kolaborasi data, serta monetisasi data," katanya.

"Seiring dengan bisnis di Indonesia yang merangkul teknologi digital, ada kebutuhan mendesak untuk membuat keputusan berbasis data dan membuka nilai data yang akan menggerakkan pertumbuhan dan inovasi di perusahaan mereka," ucapnya. 

Dengan adanya perundang-undangan terkait data residency di Indonesia, kebutuhan untuk menyatukan data di seluruh ekosistem saat ini menjadi kebutuhan bisnis yang vital. Pelanggan Snowflake di Indonesia akan mampu memobilisasi data dalam skala besar dan memaksimalkan nilai data mereka guna mendorong inovasi, ketangkasan bisnis, dan kinerja.

Kemampuan Snowflake dalam menyatukan data lintas silo dan mengaktifkan ekosistem data yang dinamis akan memungkinkan organisasi membangun sistem operasi digital yang lebih responsif dan tangguh di Indonesia.

 “AWS dan Snowflake memiliki obsesi yang sama bagi pelanggan, hal ini yang mendasari kolaborasi jangka panjang kami yang telah menjangkau lebih dari 20 integrasi produk horizontal Snowflake dengan AWS,” ujar Gunawan Susanto, Country Manager AWS Indonesia.

“Pengumuman hari ini terkait akan adanya ketersediaan Snowflake Data Cloud di AWS Asia-Pasifik (Jakarta) Region merupakan langkah lain dalam kolaborasi berkelanjutan kami guna menghadirkan solusi terbaik dan berbeda bagi pelanggan kami," ujarnya.