Find Us On Social Media :

Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed: Keyboard Premium nan Ringkas

By Dayu Akbar, Minggu, 19 Maret 2023 | 17:45 WIB

Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed

Razer memiliki banyak varian keyboard gaming dari berbagai form factor. Ada yang memiliki form factor full size, Ten KeyLess (TKL), dan 65%. Nah, seri Razer Blackwidow V3 sendiri memiliki tiga form factor tersebut, dan kali ini seri Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed yang kami uji ini memiliki form factor 65%. Hal ini tercermin dari penamaannya yang menggunakan kata “Mini”. Sementara “Hyperspeed” sendiri merupakan teknologi nirkabel dari Razer yang memiliki latency rendah sehingga minim delay.

Packaging

Dalam paketnya, Razer hanya menyertakan kelengkapan yang sederhana. Selain unit keyboard, terdapat kabel dengan port USB type A to type C, dongle USB yang tersimpan di bagian belakang keyboard, buku panduan, stiker, dan greeting card dari Co-Founder and CEO Razer, Min-Liang Tan. Sedangkan paketnya sendiri punya ukuran yang tidak jauh berbeda dengan unitnya. Jadi paketnya tetap terlihat ringkas dan praktis.

Dimensi dan Build Quality

Unit keyboard-nya memiliki dimensi ringkas shingga mudah dibawa, bahkan dimasukkan dalam tas berukuran sedang. Punya panjang 31 cm, lebar 13 cm, dan ketebalan 4 cm, keyboard ini memiliki build quality cukup kokoh dan kuat. Secara umum bagian bawahnya menggunakan bahan plastik solid, namun bagian rangkanya menggunakan bahan alumunium. Sehingga tidak heran bobotnya agak berat yaitu 715 gram yang justru makin terasa kesan premiumnya saat dipegang.

Bodi bawah terdapat tulisan By Gamer For Gamer. Di empat sisi masing-masing ujung keyboard terdapat bantalan karet kecil agar tidak gampang bergeser ketika ditaruh di landasan licin.

Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed punya dimensi ringkas dengan bobot sekitar 715 gram saja.

Terdapat pula stand atau penyangga untuk mendapatkan sudut yang nyaman. Ada dua pilihan stand yang bisa diatur, stand pertama memiliki kemiringan 6 derajat dan yang kedua punya kemiringan 9 derajat.

Didekatnya terdapat kompartemen kecil yang merupakan tempat menyimpan dongle USB 2,4GHz. Ini menarik agar dongle yang berukuran kecil ini tidak ditaruh sembarangan sehingga mudah hilang.

Bagian bawah terdapat kompartemen untuk menyimpan dongle USB agar tidak mudah hilang atau tercecer saat tidak digunakan.

Di sisi samping bagian belakang, ada port USB type-C dan disebelahnya ada switch untuk berpindah mode wireless. Dan diantaranya terdapat lampu kecil indikator.

Keycaps dan Switch