Find Us On Social Media :

Jawab Kekhawatiran Adanya Kebocoran Data di Cloud, VMware Hadirkan Solusi Sovereign Cloud

By Yussy Maulia, Senin, 20 Maret 2023 | 09:55 WIB

VMware hadirkan solusi Sovereign Cloud yang terjamin aman dan mudah dikelola.

Saat ini, isu keamanan siber dan privasi data di cloud masih menjadi kekhawatiran banyak perusahaan. Hal tersebut terungkap oleh studi yang dilakukan oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada 2022.

Studi tersebut menemukan bahwa 55,1 persen lembaga publik tidak menggunakan cloud karena adanya kekhawatiran terhadap adanya kebocoran data. Pasalnya, kontrol data yang tersimpan atau diproses di cloud dipegang sepenuhnya oleh penyedia cloud.

Oleh sebab itu, pengesahan Undang-Undang Data Pribadi (UU PDP) pada September 2022 tentang hukum privasi data diharapkan dapat mendorong banyak perusahaan untuk meningkatkan keamanan siber guna melindungi data yang krusial.

Menjawab kekhawatiran perusahaan dalam hal perlindungan data, khususnya di cloud, sekaligus mendukung UU PDP, penyedia layanan multi-cloud global, VMware, menghadirkan solusi Sovereign Cloud. Layanan ini merupakan hasil kolaborasi VMware dengan Lintasarta Cloudeka dan Virtus Technology Indonesia.

Baca Juga: Mayoritas Bisnis di Indonesia Mau Tingkatkan Investasi Cloud pada 2023

Inisiatif tersebut bertujuan membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memenuhi persyaratan peraturan privasi dan keamanan data yang sesuai dengan UU PDP.

Melalui inisiatif ini, semua mitra resmi yang menjadi penyedia VMware Sovereign Cloud, seperti Lintasarta Cloudeka yang dibantu oleh Virtus, akan membantu perusahaan Indonesia meningkatkan kinerja, menjaga kepatuhan, dan memperdalam insight data mereka.

Vice President dan Managing Director VMware Paul Simos mengatakan, Lintasarta Cloudeka sendiri menjadi salah satu dari 25 penyedia global yang telah memperoleh status sebagai penyedia VMware Sovereign Cloud.

“Ini menjadi pertumbuhan yang lebih dari 100 persen dalam kurun waktu satu tahun, di mana pertumbuhan ini didorong oleh meningkatnya kesadaran akan ekonomi dan kedaulatan data sangat penting, terutama di wilayah Asia dan Eropa,” ujar Simos melalui keterangan resmi yang diterima Infokomputer, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga: VMware Tingkatkan Kemampuan SD-WAN Lewat Software Client Mutakhir

Sebagai informasi, VMware menyediakan portofolio Sovereign Software as a Service (SaaS) untuk berbagai penyedia layanan cloud yang menggunakan perangkat lunak VMware yang berjalan di data center Sovereign Cloud.

Sovereign Cloud merupakan serangkaian layanan cloud modern yang dibangun untuk memberikan keamanan dan akses data yang memenuhi kebijakan ketat dari industri sesuai undang-undang yurisdiksi lokal tentang privasi, akses, dan kontrol data.