Find Us On Social Media :

Review HP Elite Dragonfly G3: Dengan Fitur Lengkap bagi Pebisnis

By Dayu Akbar, Minggu, 26 Maret 2023 | 16:10 WIB

HP Elite Dragonfly G3

Menyasar segmen bisnis, HP tidak ketinggalan menghadirkan lini laptop yang dilengkapi dengan fitur pendukung bagi kebutuhan tersebut. Salah satunya melalui seri HP Elite Dragonfly G3 yang dirancang untuk pekerja bisnis dengan mobilitas tinggi. Ini merupakan laptop generasi terbaru dari seri Elite Dragonfly yang memang dirancang dan mengedepankan fitur bagi pebisnis.

Sesuai penamaan serinya yaitu G3, ini merupakan seri Elite Dragonfly generasi ketiga yang dipersenjatai dengan prosesor generasi yang lebih baru yaitu Intel Core generasi ke-12. Hadir dalam beberapa varian prosesor, SKU yang digunakan pada laptop yang kami uji ini adalah Intel Core i7-1255U yang merupakan salah satu prosesor generasi ke-12 yang mendukung Intel vPro. Platform Intel vPro biasa disematkan bagi kebutuhan pebisnis karena menawarkan solusi keamanan tambahan bagi perusahaan.

Sementara itu, chip grafisnya menggunakan Intel Iris Xe Graphics yang kerap digunakan pada laptop bisnis yang lebih fokus pada performa prosesor ketimbang grafis. Sedangkan memori RAM-nya punya kapasitas 16 GB berjenis LPDDR5-2400MHz yang kencang namun hemat daya. RAM-nya sendiri terdiri dari empat chip yang terpasang secara permanen (on-board) sehingga Anda tidak bisa melakukan upgrade.

Bidik pengguna yang mobile, laptop ini mengedepankan portabilitas dengan bobot kurang dari 1 kg serta memiliki desain clamshell berwarna Slate Blue.

Begitu pula dengan slot SSD NVMe PCIe 4.0 x4 yang hanya tersedia satu dan sudah terpasang dengan kapasitas 1 TB. Untungnya, SSD NVMe yang digunakan juga sudah mendukung PCIe 4.0 x4. Saat kami jalankan CrystalDiskMark, terpantau kecepatan baca dan tulisnya mencapai 5800-an MB/s dan 4300-an MB/s yang artinya memang sudah kencang.

Di sektor layar, yang menarik laptop ini tidak hanya menggunakan panel layar sentuh IPS yang responsif dan punya akurasi warna baik, tetapi juga memiliki rasio aspek 3:2. Dengan rasio tersebut, resolusi full HD akan menjadi 1920x1280, bukannya 1920x1080 yang kerap dimiliki layar dengan rasio 16:9.

Rasio ini cocok bagi kebutuhan seperti membaca dokumen, file spreadsheet, atau browsing di internet tanpa perlu banyak scrolling mouse. Selain itu, tampilan layarnya pun terasa lebih lega yang didukung pula dengan bezel kiri dan kanan yang tipis.

Sementara bezel atas memang sedikit lebih tebal karena terdapat webcam. Meski bentuknya minimalis, webcam ini menawarkan resolusi tinggi. Dengannya Anda bisa menangkap foto dengan kualitas 3,7MP dan video hingga resolusi 1440p atau 2K.

Meski tipis, berkat engsel yang solid Anda bisa membuka layar hanya dengan satu tangan hingga kemiringan 180 derajat.

Tidak hanya sampai disitu, fitur-fitur keamanan khas laptop pebisnis juga tersedia, seperti latar yang dibuat blur, kamera akan mati saat pengguna tidak berada di depan layar, serta tetap fokus pada pengguna mengikuti pergerakan wajah. Tidak ketinggalan mendukung Windows Hello sehingga Anda bisa login ke Windows hanya dengan menampakkan wajah ke arah webcam.

Bagi aktivitas meeting online, laptop ini sudah menyediakan sarana penunjang yang memadai. Dari sisi kamera, webcamnya punya resolusi yang cukup tinggi di kelasnya yaitu 5 MP. Dengan resolusi tersebut, webcamnya juga mampu menghasilkan video dengan terang. Bahkan HP menyediakan aplikasi MyHP yang menyediakan pengaturan ataupun fitur pendukung webcam, seperti Backlight WDR. Guna menjaga privasi saat tidak digunakan, Anda bisa menonaktifkan webcam dengan menekan tombol yang terletak di sebelah tombol Power.

Karena ditujukan untuk pebisnis, HP banyak menyematkan fitur-fitur pendukung lain bagi aktivitas tersebut. Misalnya saja untuk masalah keamanan, laptop ini dengan fitur HP Wolf Security for Business yang tertera pada tampilan awal saat booting. Ini merupakan fitur yang akan melindungi ancaman malware sampai peretasan secara berlapis, baik secara hardware maupun software.