Find Us On Social Media :

Gunakan AI, Layanan NTT MDR Cepat Deteksi Ancaman Cyber Security

By Liana Threestayanti, Selasa, 4 April 2023 | 14:00 WIB

Menggunakan AI, layanan keamanan Managed Detection and Response (MDR) NTT mampu mendeteksi dan merespons ancaman cyber security dengan lebih cepat.

Menggunakan artificial intelligence (AI), layanan keamanan Managed Detection and Response (MDR) NTT mampu mendeteksi dan merespons ancaman cyber security dengan lebih cepat.

Layanan keamanan MDR ini berbasis Microsoft Sentinel, sebuah platform security information & event management (SIEM) yang dihosting di layanan cloud Azure.

Layanan ini bekerja dengan cara mengumpulkan data dari berbagai user, perangkat, aplikasi, dan platform infrastruktur, dari berbagai lingkungan on-premises atau cloud computing.

Pendekatan ini memungkinkan NTT menerapkan advanced analytics dan algoritma machine learning  untuk mengidentifikasi dan mencegah serangan dengan lebih efektif dan cepat. Dengan deteksi yang lebih cepat ini, ketahanan siber dapat ditingkatkan sehingga perusahaan pun dapat mencapai tujuan bisnis.

Sebagai informasi, layanan MDR ini dibangun di atas sistem Microsoft Sentinel, platform security information & event management (SIEM) dari Microsoft, yang digerakkan oleh kecerdasan buatan (AI), otomatisasi, dan kecerdasan ancaman. Sentinel memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data dalam skala besar di semua pengguna, perangkat, aplikasi, dan infrastruktur, baik di lingkungan lokal, maupun multicloud.

Berbekal analitik, machine learning, dan threat intelligence, layanan ini akan memburu aktivitas mencurigakan dan meminimalkan kesalahan. Dengan sistem terpusat dan otomatisasi kegiatan rutin, perusahaan dapat merespons insiden dengan cepat dan mengisolasi ancaman dari jarak jauh.

Layanan terbaru ini merupakan terobosan lanjutan dari Perjanjian Aliansi Strategis (SCA) NTT dan Microsoft yang ditandatangani pada tahun 2020. Sejak saat itu, kedua perusahaan telah berkolaborasi untuk membangun solusi canggih di public, private, dan edge cloud, data & artificial intelligence, aplikasi dan inovasi digital, modern workplace. Dan yang terbaru adalah di bidang keamanan.

“Perusahaan biasanya menggunakan teknologi keamanan ‘tambal sulam’ yang tidak selaras,” ucap Charlie Li, Senior Executive Vice President Managed Cloud and Infrastructure Services, NTT Ltd.

Akibat pendekatan yang tidak selaras ini, menurut Li, bisnis seringkali tidak dapat mendeteksi ancaman yang sulit ditemukan dan kurang memiliki ketangkasan yang diperlukan untuk memitigasinya. 

“Banyak (perusahaan) yang hanya menambah lebih banyak lapisan keamanan, meningkatkan kompleksitas, dan menghasilkan lebih banyak log dan peringatan yang tidak ditangani,” lanjut Li.

Charlie Li mengatakan, layanan MDR NTT membantu perusahaan selangkah lebih maju dari pada peretas dan memberikan dampak langsung terhadap produktivitas tenaga kerja dan kepuasan pelanggan. 

“Hal ini memberikan postur ketahanan dunia maya yang kuat, dan secara langsung memengaruhi ketahanan operasional, keuangan, dan sumber daya perusahaan,” ujarnya.