Find Us On Social Media :

Review Acer Swift 5 Aerospace : Aerospace-grade dan Performa Tangguh

By Dayu Akbar, Selasa, 28 Maret 2023 | 14:30 WIB

Acer Swift 5 Aerospace

Acer Swift 5 memiliki beberapa varian yang salah satunya yaitu seri Aerospace. Punya nama lengkap Acer Swift 5 Aerospace, laptop ini memiliki fitur unggulan yang disesuaikan dengan penamaannya. Sasis yang dimilikinya dibuat dari material aluminium aerospace-grade yang memiliki daya tahan kuat.

Selain kuat, tampilannya terlihat premium berkat pemrosesan yang disebut Anodic Luxury Gold treatment untuk menghasilkan bagian sisi luar dengan warna emas mewah. Dimensinya tipis dan ringan karena memiliki ketebalan hanya 1,5 cm dan berat 1,2 kg saja.

Sesuai keunggulan tersebut, Acer Swift 5 Aerospace ditujukan bagi kalangan profesional yang menginginkan perpaduan antara kenyamanan dan gaya saat bekerja.

Sebagai varian terbaru, laptop ini dipersenjatai dengan 12th Gen Intel® Core™ processors. Hadir dalam dua SKU yang terdiri dari Intel® Core™ i7-1260P Processor dan Intel® Core™ i5-1240P Processor, unit laptop yang kami uji ini menggunakan pilihan prosesor pertama. Intel® Core™ i7-1260P Processor sendiri memiliki hingga 12 core serta clock speed hingga 4,7Ghz.

Desain aerospace unggulkan daya tahan kuat berkat penggunaan material aluminium aerospace-grade dengan tingkat kekerasan hingga 75HV.

Pengolahan grafisnya mengandalkan Intel® Iris® Xe Graphics yang memiliki kinerja unggul untuk beragam produktivitas. Di sektor penyimpanan, terdapat SSD PCIe Gen 4 yang memiliki ukuran 2280 (22 mm x 80 mm) dengan kapasitas 1 TB yang kencang. Pengujian kami mendapati kecepatan transfer data baca dan tulisnya yang mencapai 5000-6000 MB/s. Terdapat opsi upgrade kapasitas penyimpanan hingga 2 TB SSD dengan adanya 1 slot SSD yang masih kosong.

Sedangkan di bagian RAM sudah terpasang dengan kapasitas 16 GB dual-channel dengan jenis LPDDR5 yang lebih kencang sehingga menghasilkan performa yang lebih responsif dengan konsumsi daya lebih irit.

Karena mengusung dimensi yang ringkas, layarnya memiliki ukuran 14 inci menggunakan panel IPS dengan resolusi WQXGA 2560 x 1600 dan rasio 16:10. Desainnya kekinian dengan bezel yang dibuat tipis sehingga menambah kesan lega pada tampilan layarnya.

Menariknya, layar tersebut juga dilapisi dengan teknologi Antimicrobial Corning Gorilla Glass. Teknologi ini telah diformulasikan secara khusus untuk mengurangi timbulnya bau dan mikroorganisme penyebab noda pada layar sentuh sekaligus memberikan daya tahan yang tinggi terhadap goresan, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya.

Menariknya, layar sentuh laptop ini juga dilapisi dengan teknologi Antimicrobial Corning Gorilla Glass yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat, jamur, dan sejenisnya.

Antara bodi bawah dan layar terdapat dua engsel atau hinge warna emas. Saat layar dibuka, engsel ini akan mengangkat landasan keyboard beberapa derajat untuk kenyamanan saat mengetik. Engselnya ini bisa ditekuk sampai kemiringan sekitar 115°. Saat dimiringkan, di dekat engsel terdapat lubang untuk pembuangan udara panas.

Menggunakan jenis kapasitif, layar sentuh ini lebih ditujukan untuk kepraktisan saat mengoperasikan atau menjalankan suatu fungsi. Hal tersebut dikarenakan pada paketnya tidak terdapat pena digital alias stylus yang biasanya untuk penggunaan yang butuh akurasi lebih seperti menggambar.