Find Us On Social Media :

Inilah Tips Melakukan Backup Data Supaya Aman dan Tidak Hilang

By Rafki Fachrizal, Kamis, 30 Maret 2023 | 11:45 WIB

Ilustrasi Backup Data.

Data digital yang kita miliki kini bukan lagi hanya foto dan video kasual, tapi justru file pekerjaan, materi pelajaran sekolah, dokumen penting, dan konten berharga lainnya.

Maka dari itu, sangat disayangkan bukan jika data penting dan berharga tersebut hilang begitu saja akibat lupa backup?

Apalagi data itu seringkali bersifat rahasia, terutama bagi perusahaan dan organisasi, yang mungkin dokumen penting dan data transaksi. Ini menjadi hal serius yang harus diberikan perhatian lebih.

Tahukah Anda? Ada cerita menarik yang sekaligus menjadi contoh nyata pentingnya backup data, terutama menjadi pelajaran berharga bagi orang-orang yang bekerja dengan data teknis dalam jumlah besar.

Kebanyakan dari kita mungkin familiar dengan Toy Story 2, petualangan animasi klasik dari Pixar yang juga merupakan film animasi yang cukup terkenal di berbagai kalangan usia.

Di balik kesuksesan film tersebut, ternyata terdapat mimpi buruk terbesar saat produksi film, di mana seorang karyawan Pixar secara tidak sengaja menghapus Toy Story 2 saat proses produksi di tahun 1998.

Sekitar 90% dari pekerjaan yang dilakukan pada Toy Story 2 telah terhapus, dan sepertinya pengerjaan Toy Story 2 harus dimulai lagi dari awal atau produksi akan dihapus sama sekali.

Singkat cerita, keselamatan datang ketika salah satu karyawan bekerja dari rumah beberapa waktu sebelumnya, dan telah membuat sistem yang menyalin database Toy Story 2.

Berkat hal tersebut, Pixar dapat memulihkan semua aset yang dihapus dan memiliki akhir cerita yang bahagia.

Sekarang coba bayangkan jika hal ini terjadi kepada Anda. Tentu saja, pekerjaan akan jadi terhambat dan bisa menimbulkan malapetaka.

Nah, memperingati World Backup Day atau Hari Backup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 31 Maret, Western Digital membagikan beberapa tips backup data, baik itu di smartphone, PC, tablet, maupun Mac.

1. Pengguna Smartphone Dapat Menggunakan USB Flash Drive

USB Flash drive adalah solusi simpel, cepat dan terjangkau dengan plug-and-play untuk mengarsipkan file, foto dan video langsung dari smartphone.