Find Us On Social Media :

Modalku Implementasi ESG Untuk Dukung Keberlanjutan Bisnis UMKM

By Rafki Fachrizal, Kamis, 30 Maret 2023 | 12:15 WIB

Modalku

Grup Modalku sebagai platform pendanaan digital bagi UMKM, mendorong penerapan prinsip berkelanjutan dan ESG (Environmental, Social & Governance) di Indonesia.

Grup Modalku mulai menerapkan ESG ke dalam operasional bisnis melalui departemen Impact & Sustainability yang berdiri sejak Januari 2022.

Departemen ini mencakup lima negara Grup Modalku beroperasi, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Integrasi prinsip ESG ke dalam aktivitas bisnis Grup Modalku dilakukan untuk meningkatkan praktik tata kelola perusahaan serta mendorong UMKM untuk mempertimbangkan praktik-praktik dan inisiatif keberlanjutan.

Berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia pada bulan Oktober tahun 2022, 99% pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM dengan kontribusi pada nilai transaksi bruto (PDB) mencapai 60,5%.

Sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, UMKM diharapkan turut memegang peranan penting dalam penerapan prinsip-prinsip berkelanjutan ke depan.

Kesadaran terkait praktik berkelanjutan dan turut menerapkannya akan meningkatkan kualitas dan pengalaman UMKM dalam menjalankan bisnisnya.

Di sisi lain, dengan menggunakan ESG frameworks di dalam praktik bisnisnya, akan membuka kesempatan UMKM untuk mendapatkan sumber pendanaan yang lebih luas bagi perkembangan bisnisnya dan tetap kompetitif di tengah berkembangnya persyaratan peraturan ESG.

Co-Founder & CEO Modalku, Reynold Wijaya, mengatakan, “Dengan mengedepankan ESG pada model dan operasional bisnis, kami memastikan bahwa Grup Modalku tetap unggul dalam menghadapi perkembangan internasional seputar keberlanjutan. Kami juga berharap dapat berkontribusi dalam mendukung rencana dan inisiatif pemerintah Indonesia dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan.”

“Upaya mitigasi potensi risiko, di luar risiko finansial, seperti risiko terkait lingkungan atau sosial, sudah mulai dilakukan. Kami juga terbuka terhadap peluang dan inovasi baru dalam sektor keberlanjutan, seperti dalam ekonomi hijau,” lanjut Reynold.

Grup Modalku berinisiatif menjalankan bisnis secara bertanggung jawab dan sejalan dengan pendekatan triple bottom line atau yang dikenal dengan 3P (people, profit dan planet).

Melalui pendekatan ini, Grup Modalku bertujuan untuk menemukan keseimbangan antara faktor ekonomi, lingkungan dan sosial baik dalam operasi internal maupun dalam aktivitas pendanaan.

“Di Grup Modalku, kami berkomitmen untuk mendukung UMKM yang turut berkontribusi pada keberlanjutan, terlepas dari tahap mana mereka menjalankan praktik-praktik berkelanjutan dalam bisnisnya. Salah satunya dengan mengalokasikan aliran dana ke industri tersebut,” jelas Reynold Wijaya.