Find Us On Social Media :

Mirip ChatGPT, Cerebras Systems Tawarkan Model AI Open Source Gratis

By Adam Rizal, Kamis, 30 Maret 2023 | 13:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Startup Cerebras Systems meluncurkan model open source untuk penelitian dan komunitas bisnis secara gratis. Sepintas, model bisnis Cerebras Systems itu mirip dengan ChatGPT yang membuka konsep open source.

Cerebras meluncurkan tujuh model yang semuanya dilatih di superkomputer AI-nya yang Andromeda termasuk model bahasa parameter 111 juta yang lebih kecil hingga model parameter 13 miliar yang lebih besar.

Pendiri dan CEO Cerebras Andrew Feldman mengatakan model yang memiliki parameter banyak mampu melakukan fungsi generatif yang lebih kompleks.

"Kegembiraan di komunitas, kemajuan yang kami buat, sebagian besar karena sangat terbuka," katanya.

Sebagai perbandingan, ChatGPT memiliki 175 miliar parameter dan dapat menghasilkan puisi dan penelitian, yang telah membantu menarik minat dan pendanaan yang besar untuk AI secara lebih luas.

Andrew mengatakan model AI yang lebih kecil dapat digunakan di ponsel atau speaker pintar. Sedangkan, model yang lebih besar dapat beroperasi di PC atau server, meskipun tugas rumit seperti peringkasan bagian besar memerlukan model yang lebih besar.

Feldman mengatakan arsitektur sistem Cerebras yang mencakup chip seukuran piring makan maka model terbesarnya memakan waktu seminggu untuk pelatihan dan pekerjaan yang biasanya memakan waktu beberapa bulan.

"Model yang dilatih pada mesin Cerebras juga dapat digunakan pada sistem Nvidia untuk pelatihan atau penyesuaian lebih lanjut," kata Feldman.

Sebagian besar model AI saat ini dilatih menggunakan chip Nvidia Corp, tetapi semakin banyak startup seperti Cerebras mencoba mengambil bagian di pasar itu.

Keunggulan GPT-4

Ilustrasi GPT-4

OpenAI resmi mengumumkan GPT-4, model bahasa AI (Artificial Intelligence) terbaru yang menjadi kekuatan aplikasi seperti ChatGPT dan mesin pencari Bing (versi baru).

Seperti diketahui, ChatGPT telah menjadi viral akhir-akhir ini. ChatGPT adalah chatbot AI yang dapat berinteraksi dengan penggunanya secara luwes.